Sabtu, April 10, 2021
BerandaBaliPohon Asem Berumur Ratusan Tahun Tumbang Timpa Bengkel Warga Tigawasa

Pohon Asem Berumur Ratusan Tahun Tumbang Timpa Bengkel Warga Tigawasa

Singaraja.Bali.Faktapers.id –Pohon Asem berusia ratusan tahun tumbang, selain membentangi badan jalan Desa Tigawasa Dusun Kunci Kecamatan Banjar juga merobohnkan atap bengkel Putu Kareni.

Berawal angin kencang disertai hujan terjadi Minggu (28/2) kurang lebih pukul 15 .00 wita angin bertiup. Dan pohon asem dengan tinggi mencapai 15 meter dan bobot hampir 2 ton tersebut mendadak roboh akibat akar tidak kuat menopang. Beruntung tidak ada korban jiwa kendati rumah milik Putu Kareni tertimpa. Kemudian Warga sekitar setelah menghubungi BPBD Buleleng langsung evakuasi dan melakukan pemotongan.

Kades Tigawasa Made Suadarmayasa menyebutkan, angin kencang berhembus dari tadi malam dan beberapa atap rumah warga diterbangkan.

“Angin kencang yang terjadi sejak tadi malam. Ada tiga lokasi kejadian dari musibah angin kencang yang terjadi dari tadi malam selain mengambrukan rumah Putu Kareni juga atap rumah Kadus Dauh Pura (Made Wilis) dapur warga roboh di Dusun Umasendi milik Putu Wironcana dan satu pohon asem yang sudah berumur diperkirakan hampir diatas ratusan tahun menimpa warung serta bengkel dari Kadek Edy alias Dodik. Kalau melihat dari besarnya pohon asem diperkirakan sudah berumur 150 tahun keatas, dan tadi sudah kita dan warga saling kontak BPBD untuk membantu ecakuasi pohon,” jelas Made Suadarmayasa.

Sementara selaku keluarga dari Putu Kareni saang pemilik Bengkel Komang Surya mewakili kakanya mengatakan, beruntung waktu kejadian keluarga sedang berada rumah selatan dan warung serta bengkel sedang tutup.

“Pohon tumbang ke timur membentang badan jalan beruntung juga jalan sepi. Kalau tafsir kerugian kurang lebih 10 juta selain atap juga pagar depan roboh. Kami ucapkan terima kasih kepada pihak BPBD Buleleng yang sudah turun tangan melakukan pemotongan ” ujar Komang Surya. Des

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments