Selasa, September 21, 2021
BerandaDKI JakartaAsops Pangkolinlamil Paparan Latopsratmi 2021 Di Mabes TNI AL

Asops Pangkolinlamil Paparan Latopsratmi 2021 Di Mabes TNI AL

 

Jakarta, faktapers.id –  Asisten Operasi (Asops) Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Kolonel Laut (P) Nanan Isnandar menyampaikan paparan tentang penyelenggaraan Latihan Operasi Pendaratan Administrasi (Latopsratmin) tahun 2021 di Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (17/3).

 

Paparan yang diterima Direktur Latihan Kodiklatal ini, juga diikuti oleh Kotama yang terlibat dalam Komando Tugas latihan TNI AL.

 

Seperti Latihan operasi laut gabungan oleh Koarmada II, Latihan Pernika oleh Diskomlekal, Latihan Operasi Amfibi oleh Koarmada I, Latihan Pasukan Pendarat dan Latihan Operasi Dukungan Pasukan Khusus oleh Korps Marinir serta Latihan Operasi Pertahanan Pantai oleh Koarmada I.

 

Dalam paparan Rencana Garis Besar (RGB) Latopsratmin tahun 2021, Kolonel Laut (P) Nanan Isnandar menjelaskan tentang tema latihan tahun ini yaitu “Komando Lintas Laut Militer Menyelenggarakan Latihan Operasi Pendaratan Administrasi Tahun 2021 Di Surabaya Dan Dabo Singkep Dalam Rangka Mendukung Tugas TNI Angkatan Laut”.

 

Sedangkan tujuan dari Latopsratmin tahun 2021 ini, dimaksudkan dalam rangka  meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit serta unsur Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) dalam pelaksanaan Operasi Pendaratan Administrasi untuk melaksanakan Operasi Militer Perang (OMP).

 

Sasaran dari latihan ini antara lain, melatih kemampuan, pemahaman,  penguasaan dalam rencana kampanye militer Operasi Militer Perang (OMP), meningkatkan kesiapsiagaan operasi unsur Kolinlamil dalam mendukung OMP, mengembangkan konsep operasi dalam menghadapi kontinjensi TNI, meningkatkan pemahaman doktrin operasi dalam konteks multidimensi ancaman serta uji doktrin Operasi Pendaratan Administrasi.

 

Pangkolinlamil Laksda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP, M.Tr Opsla disela-sela waktunya menambahkan latihan ini merupakan salah satu upaya peningkatan kemampuan menghadapi segala tantangan sekaligus sebagai upaya untuk melatih personel agar memiliki kemampuan yang memadai, baik dalam perencanaan maupun penyelenggaraan latihan yang sebenarnya.

 

“Tujuannya mengukur dan meningkatkan kemampuan prajurit Kolinlamil agar Dapat melaksanakan tugas mendatang dalam menghadapi berbagai ancaman terkait Operasi Militer Perang (OMP)” jelas Panglima Kolinlamil.

 

Latanglamil tahun 2021 ini dibagi menjadi empat tahap, mulai dari tahap perencanaan, persiapan, dan tahap pelaksanaan, serta tahap pengakhiran.

 

Untuk tahap pelaksanaan Latposko akan digelar pada 1 hingga 11 April 2021 dengan mengambil lokasi  di Surabaya dan Dabo Singkep. Han

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments