Sabtu, September 25, 2021
BerandaDaerahBantu Perekonomian Warga, Pemdes Gemblegan Resmi Launching BUMDes

Bantu Perekonomian Warga, Pemdes Gemblegan Resmi Launching BUMDes

 

Klaten, faktapers.id – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Gemblegan Makmur dan Duta Agen Laku Pandai hari ini resmi dilaunching. Peresmian bekerjasama dengan Bank Jateng itu dilaksanakan di Balai Desa Gemblegan, Kecamatan Kalikotes, Kabupaten Klaten, Selasa (23/3/2021).

Dalam kesempatan itu, Kepala Desa Gemblegan, Waloya mengatakan, BUMDes dibentuk untuk membantu mempermudah akses pelayanan serta meningkatkan pendapatan desa serta masyarakat.

“BUMDes ini untuk meringankan beban masyarakat, baik dari pelayanan serta perekonomian warga. Contoh konkretnya BUMDes akan mengelola sumber alam yang ada disini untuk dikembangkan baik wisat kuliner, wisata air dan lainnya,” kata dia.

Optimis, kata Kades, apabila dilakukan pengembangan usaha dengan baik, niscaya banyak keuntungan yang akan didapat melalui BUMDes tersebut, sehingga diharapkan dapat mendongkrak pendapatan desa dan perekonomian masyarakat.

“Kita sudah memiliki obyek wisata air, tinggal pengembangan yang lain termasuk lahan disebelah didirikan tempat kuliner dan taman bermain serta dalam waktu dekat di kolam tersebut kita sediakan fasilitas bebek air,” jelasnya.

Direktur BUMDes Gemblegan Makmur, Dwi Agus Wibowo mengatakan untuk saat ini pihaknya mengelola 5 bidang usaha. Salah satu yang berkembang pesat dan satu-satunya di Klaten yaitu Sekolah Sepak Bola (SSB).

“Selain sekolah sepak bola, 5 bidang usaha yang dikelola BUMDes saat ini yaitu Pariwisata, Tehnologi dan Informatika, Pengelolaan Taman, UMKM dan Mini Market” tutur Dwi.

Ia menerangkan untuk pelayanan masyarakat yang selama ini masih berjalan antara lain Pajak PBB, Pajak Listrik, PDAM, Bayar Sekolah, Angsuran Motor dan pelayanan Buka Tabungan.

“Karena pandemi Covid-19, BUMDes Gemblegan Makmur kembali beroperasi pada akhir Desember 2020 dengan omset Rp80 juta dan UMKM sebesar Rp25 juta. Untuk pengembangan selanjutnya difokuskan wisata air, kuliner dan difasilitasi dengan mainan bebek air serta kuda,” tutupnya. Madi

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments