Headline

Bentuk Gugus Tugas, Jakarta Utara Kuatkan Komitmen Predikat Kota Layak Anak.

×

Bentuk Gugus Tugas, Jakarta Utara Kuatkan Komitmen Predikat Kota Layak Anak.

Sebarkan artikel ini

Jakarta, Faktapers.id – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara merekomendasikan sebagai Kota Layak Anak (KLA).

Komitmen dipenuhi dengan Ragam Gugus Tugas yang berisikan mulai dari Sekretariat Kota, Unit Perangkat Kerja Daerah (UKPD), Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), pemangku kepentingan lainnya (stakeholder) hingga sejumlah elemen masyarakat termasuk pengurus RT / RW, serta komunitas dan forum anak.

Wali Kota Administrasi Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengungkapkan, predikat Kota Layak ini merupakan upaya bersama dalam menghadirkan suatu kota yang ramah terhadap anak. Upaya ini diawali dengan Pemesanan Gugus Tugas yang langsung berkolaborasi mendukung terwujudnya Kota Layak Anak.

“Barusan kami berkoordinasi dalam penyusunan Gugus Tugas Kota Layak Anak. Seluruh elemen pemerintah yang terkait, pemangku kepentingan, hingga masyarakat berkolaborasi dalam mewujudkan Kota Layak Anak ini,” kata Ali saat ditemui di Kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara, Kamis (18/3/2021).

Untuk mewujudkan komitmen ini, pria yang disapa Bang Ali meminta UKPD terkait menganggarkan program pembangunan yang bersinggungan dengan anak sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing.

Tak hanya soal pembangunan fisik, anggaran ini juga termasuk pembangunan non fisik yang mengarah pada pembinaan pola pikir, pola asuh, dan pola didik anak.

“Ini bukan soal pembangunan fisik semata, tapi bagaimana menyelaraskan dengan program-program non fisik agar Kota Layak Anak ini terwujud di Jakarta Utara,” jelasnya.

Di lokasi yang sama, Kepala Suku Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PPAPP) Kota Administrasi Jakarta Utara Subhan menerangkan, prinsip dalam mewujudkan Kota Layak ini yakni non-nasional, kepentingan terbaik bagi anak, hidup, tumbuh dan perkembangan anak, dan partisipasi anak.

Pasca Pemesanan Gugus Tugas ini, seluruh komponen yang terlibat akan terjun langsung ke lapangan serta evaluasi dan penginputan data yang dikirim ke Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

“Nantinya juga akan ada pengungkit administrasi dan lapangan hybrid dari tim surveyor yang akan menilai apakah Jakarta Utara pantas mendapatkan predikat Kota Layak Anak tingkat Nindya. Insyaallah kami optimis untuk mendapatkannya,” tutupnya.

Diketahui, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara sebelumnya telah mendapatkan predikat Kota Layak Anak tingkat Pratama pada 2018 dan Madya pada 2019 lalu. Upaya-upaya peningkatan untuk mendapatkan predikat Nindya tengah dilakukan sebagai komitmen Kota Layak Anak.Tajuli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *