Sabtu, Oktober 23, 2021
BerandaDaerahBupati Gowa Resmikan Instalasi Pengolahan Air PDAM

Bupati Gowa Resmikan Instalasi Pengolahan Air PDAM

Gowa, Faktapers.id – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan meresmikan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Jeneberang Kabupaten Gowa di Instalasi Kota Kecamatan (IKK) Bontomarannu, Selasa (9/3).

Kehadiran IPA PDAM Tirta Jeneberang Kabupaten Gowa selain diharapkan bisa memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat, juga diharapkan bisa mendorong investasi masuk di Kabupaten Gowa.

Bupati Adnan mengatakan Gowa merupakan salah satu Kabupaten di Sulawesi Selatan yang dilirik orang investor. Hal ini karena Kabupaten Gowa merupakan daerah penyangga Ibukota Provinsi Sulsel yaitu Kota Makassar.

“Jarak antara Kabupaten Gowa dengan kota Makassar tidak terlalu jauh. Itulah kenapa pembangunan mengarahnya ke Kabupaten Gowa. Salah satunya investor yang bergerak di bidang pengembangan atau developer,” ujar Adnan.

Salah satu yang menajdi pertimbangan para pengembang ini untuk bisa berinvestasi di Kabupaten Gowa adalah ketersediaan air PDAM. Sehingga dirinya berharap, kehadiran IPA berkapasitas 100 liter perdetik ini bisa mendorong para investor khususnya yang bergerak di bidang properti bisa berinvestasi di Gowa.

“Sehingga dengan hadirnya IPA 100/detik ini kami yakin dan percaya ini akan mampu menggenjot kembali investasi yang ada di Kabupaten Gowa dan mampu mengakselerasi perekonomian di Kabupaten Gowa terutama di masa Pandemi Covid-19 ini,” ungkapnya.

Selain itu, Adnan juga mengaparsi pembangunan IPA PDAM Tirta Jeneberang ini. Karena pembangunan IPA ini tidak menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah maupun Anggaran Pendapatan (APBD) dan Belanja Negara (APBN).

Direktur Utama PDAM Tirta Jeneberang Kabupaten Gowa, Hasanuddin Kamal menyebutkan bahwa pembangunan IPA menggunakan skema trade credit. Dimana pembiayaan menggunakan dana mandiri dan pinjaman perbankan yaitu Bank Sulselbar.

“IPA ini dapat melayani air minum sekitar 8.000 sambungan. Dan ini bisa memenuhi kebutuhan air sebelum IPA Mamminasata dibangun,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Balai Prasarana Wilayah Permukiman Provinsi Sulawesi Selatan, H. Ahmad Asiri saat mewakili Direktur sistem Penyelenggaraan Air Minum Air Kementerian PU, mengapresiasi langkah inovatif yang dilakukan PDAM Tirta Jeneberang Kabupaten Gowa.

Menurutnya ini merupakan yang pertama di Sulsel yang menggunakan skema pembiayaan ini. Olehnya dirinya berharapa PDAM di seluruh Kabupaten kota di Sulsel bisa melakukan hal yang sama.

Sebagai bentuk apresiasi Kementerian PU memberikan bantuan stimulan berupa optimalisasi SPAM Barombong dan pendampingan berupa jaringan pipa SPAM kecamatan Pattallassang.

“Total dana yang kita gelontorkan Rp. 18,5 miliar. Ini kita berikan sebagai bentuk apresiasi Pemerintah pusat dan ini sumbernya dari APBN,” tambahnya. Kartia

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments