Senin, September 20, 2021
BerandaDaerahBupati Melawi Buka Sosialisasi Serta Pembinaan Kemampuan Sistem Manajemen Pengamanan

Bupati Melawi Buka Sosialisasi Serta Pembinaan Kemampuan Sistem Manajemen Pengamanan

 

 

Melawi,faktapers.id – Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa, didampingi Wakil Bupati Melawi, Drs. Kluisen membuka secara resmi kegiatan sosialisasi dan pembinaan kemampuan sistem manajemen pengamanan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Melawi, rabu (17/03/2021) di Convention Hall Kantor Bupati Melawi.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Pengamanan Objek Vital Polda Kalimantan Barat tersebut juga dihadiri oleh Wakapolres Melawi dan jajaran Polres Melawi,  Sekretaris Daerah Kabupaten Melawi, LO Kodim 1205/Sintang, Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Melawi.

Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa dalam sambutannya mengatakan adanya dimensi dan ancaman gangguan yang terus berkembang dengan beragam resiko dan dampaknya. Selain itu, menurutnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin meningkat yang dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab ikut menyebabkan kompleksitas persoalan bentuk ancaman dan gangguan keamanan saat ini.

“Dimensi dan ancaman gangguan saat ini kian terus berkembang, apabila tidak diantisipasi dan ditangani dengan baik maka akan memunculkan berbagai bentuk aksi kejahatan yang bernuansa konvensional, transnasional, maupun kejahatan-kejahatan terorganisir seperti pencurian, konflik antar kelompok, cybercrime, tindak pidana korupsi dan pencucian uang, maupun kejahatan terorisme”, ungkapnya.

Menurut Bupati, semakin berkembangnya dinamika ancaman dan gangguan keamanan tersebut diperlukan suatu sistem manajemen pengamanan yang baik dan kerjasama yang solid.

“Memahami dinamika aksi kejahatan saat ini, kita menyadari tidak dapat bekerja sendiri, oleh karena itu diperlukan kerjasama, kesungguhan dan komitmen dari semua pihak untuk bergandengan tangan, antara Pemerintah, aparatur keamanan TNI dan Polri, serta lapisan masyarakat”, ungkapnya.

“Perlu pengetahuan khusus terkait sistem pengamanan saat ini, oleh karena itu secara khusus sosialisasi dan pembinaan dari Tim Direktorat Pengamanan Objek Vital Polda Kalimantan Barat ini sangatlah penting”, tambahnya.

Menutup sambutannya, Bupati mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Tim Direktorat Objek Vital Polda Kalbar, Polres Melawi, TNI, serta seluruh pemangku kepentingan yang membidangi sistem manajemen pengamanan atas dedikasi dan kerjasamanya dalam menumbuhkembangkan bentuk-bentuk pengamanan secara dini di lingkungan Pemerintah Kabupaten Melawi.

Sementara itu, Kasubdit Audit Sistem Manajemen Pengamanan Polda Kalimantan Barat, AKBP Bastian, S.Pd.K dalam sambutannya mengatakan tujuannya dilaksanakan sosialisasi tersebut adalah untuk berbagi wawasan dan pengetahuan terkait pengamanan terhadap objek vital yang meliputi pengawasan tertentu, pengamanan pariwisata, pengamanan VIP, serta audit semua pengamanan objek vital nasional dan objek vital lainnya di lingkungan Pemerintah Kabupaten Melawi.

Bastian juga berharap dengan adanya kegiatan tersebut akan meningkatkan sinergitas antara Pemerintah dengan aparatur keamanan seperti TNI dan Polri dalam hal manajemen pengamanan.Skn,Abd.

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments