Senin, Oktober 18, 2021
BerandaBaliGandeng UPT, DPR RI Kariasa Sosialisasikan Peluang Kerja Migrasi Aman

Gandeng UPT, DPR RI Kariasa Sosialisasikan Peluang Kerja Migrasi Aman

Singaraja.Bali.Faktapers.id – Anggota Komisi IX DPR RI Ketut Kariasa Adnyana,S.p kembali road show menjajagi masyarakat di Buleleng, kendati covid tak menyurutkan pria tersebut menyentuh para lansia.

Kedatangan pria asal Busungbiu di wantilan Pura Desa Sinabun kecamatan Sawan disambut antusias oleh puluhan lansia dan pemuda setempat. Kegiatan bagi sembako ditengah Covid-19 Kamis(4/3) pukul 14.00 wita selain sangat di pandang perlu untuk kebutuhan masyarakat juga sosialisasi “Peluang Kerja Luar Negeri Dan Migrasi Aman”.

Belakangan ini pekerja Migrasi sering kali terkendala Kartu Kerja, bahkan oknum egent nakal seringkali bergeliria menjanjikan PMI dapat diterima bekerja keluar negeri. Untuk itu Kariasa Adnyana mengandeng UPT Bali dalam mempersiapkan pekerja berkualitas sumber daya manusia (SDM) agar dapat bersaing baik di tingkat nasional maupun internasional. Program Joko Widodo ini diniali efektik dalam meningkatkan SDM para penyumbang devisa negara itu.

Sebelumnya Data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2019 mencatat tren Tenaga Kerja Indonesia (TKI) merosot dalam sepuluh tahun terakhir. Rata-rata penurunannya 7,36 persen per tahun.

Kendati masih dilanda covid-19 peningkatan SDM masyarakat harus diupayakan sedini mungkin. Dalam keteranganya kepada awak media Faktapers.id usai memberikan sembako gratis di wantilan Pura Desa Sinabun, Ketut Kariasa Adnyana di dampingi DPRD Kabupaten, Kadek Turkini, Nyoman Bujana, SE.Made Ambu Kardika, Kelian Desa Adat Sinabun menjelasakan,

“Dulu kan di sebut Kartu Kuning sekarang dengan nama e-KTLN gunanya bagi mereka yang ingin mencari kerja di luar negeri, akan menggunakan kartu tanda kerja luar Negeri (KTKLN) elektronik atau e-KTKLN. Nah kami dipusat sudah menyuarakan, selama ii masyarakat yangakan bekerja keluar negeri selain terkendala biaya dan kartu yang mereka akan gunakan menginjak negara tersebut.

Dalam covid ini biaya emang menjadi kendala utama bagi pekerja itu sendiri, kemarin sudah hampir di setujui oleh Menko perekonomia bagaimana membantu biaya itu ketika mereka sudah mempunyai Job letter jadi mereka nantinya dapat dibantu dengan kredit tanpa jaminan dan Menaker sudah juga mensetujui usulan tersebut,”ujar Kariasa Adnyana.

Khsus di Bali, Ketut Kariasa Andnyana yang menggandeng UPT Bali dalam hal ini BP2MI(Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia)wilayah Bali. Terkait masyarakat yang ada di kabupaten, Kariasa Adnyana akan mempermudah mereka dalam pencarian KTKLN dan berencana tiap kabupaten akan dibangun kantor pelayanan sehingga masyarakat dipedesaan dapat dengan mudah tanpa datang ke Denpasar lagi,

“UPT akan membangun cabang di tiap Kabupaten, sehingga dapat mempermudah pekerja dan tidak lagi jauh harus ke Denpasar,”papar Ketut Kariasa Adnyana. Des

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments