Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaDaerahGelar Apel Kesiapsiagaan Pencegahan Karhutla Dipimpin Langsung Oleh Bupati Melawi.

Gelar Apel Kesiapsiagaan Pencegahan Karhutla Dipimpin Langsung Oleh Bupati Melawi.

Melawi, Fakta Pers -Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa memimpin apel gelar pasukan kesiapsiagaan pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Melawi, kamis (04/03/2021) di halaman rumah jabatan Bupati Melawi.

Hadir pada apel tersebut Wakil Bupati Melawi, Drs. Kluisen, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Melawi, Sekretaris Daerah Kabupaten Melawi, Wakapolres Melawi, LO. Kodim 1205/Sintang, Unsur TNI dan Polri, BPBD, Manggala Agni, KPH Kabupaten Melawi, Damkar, Dishub, dan BSPBK Nanga Pinoh.

Kepala BPBD Kabupaten Melawi, Drs. Syafarudin, MM dalam laporannya mengatakan tujuan dilaksanakan apel kesiapsiagaan tersebut adalah untuk memperkuat koordinasi dan konsolidasi dalam penggerakkan sumber daya yang ada secara terpadu dan terarah dalam upaya pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan.

Sementara itu, Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa dalam arahannya mengatakan Pemerintah Daerah harus siaga dan waspada terhadap ancaman kebakaran hutan dan lahan,Terlebih memasuki pada musim kemarau.

“Lanjutnya Meskipun saat ini kita sedang menghadapi bencana non alam Pandemi Covid-19, namun kewaspadaan kita terhadap ancaman kebakaran hutan dan lahan tidak boleh kendor serta lalai, ungkapnya.

Bupati juga meminta seluruh elemen masyarakat dan pemangku kepentingan untuk memperkuat kebersamaan Dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

“Apel siaga ini merupakan tekad dan spirit kita semua untuk semakin meningkatkan kebersamaan dan kegotong royongan serta kesiapan kita dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Saya yakin dengan kebersamaan kita akan mampu mengamankan hutan kita,dari Ancaman kebakaran hutan dan lahan serta hal hal lain yang bisa berakibat Patal terhadap Hutan dan lahan yang kita miliki”, ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut juga, Bupati menyampaikan arahan Presiden tentang pengendalian kebakaran hutan dan lahan, yaitu memprioritaskan pencegahan melalui deteksi dini, infrastruktur monitoring dan pengawasan harus sampai ke bawah, mencari solusi permanen agar korporasi dan masyarakat membuka lahan dengan cara tidak membakar, penataan ekosistem gambar dalam kawasan hidrologi gambut, tanggap dan jangan terlambat ketika terjadinya kebakaran hutan dan lahan, serta sanksi tegas terhadap para pembakar hutan dan lahan.

Setelah melaksanakan apel kesiapsiagaan, Bupati didampingi Wakil Bupati Melawi, Forkopimda Kabupaten Melawi mengecek kesiapan alat pengendalian dan penanganan kebakaran hutan dan lahan.Skn.Abd.

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments