Selasa, September 28, 2021
BerandaBaliHadiri Ngenteg Linggih Kresna Budi Disambut Topeng Sidakarya

Hadiri Ngenteg Linggih Kresna Budi Disambut Topeng Sidakarya

Singaraja.Bali.Faktapers.id-Krama adat Dadia Pasek Gelgel Banjar Dinas Babakan Desa Panji Kecamatan Sukasada,Buleleng saat menggelar upacara Ngenteg Linggih pada Purnama Sasih Kedasa Minggu 28/3/2021 langsung dihadiri sang loyalitas masyarakat yang tak lain DPRD IGK Kresna Budi.

Penerimaan Hibah Bansos, digunakan secara baik oleh pengempon yang berjumlah 20 KK, Ketua Komisi II DPRD Bali ini menggelontorkan hibah untuk pembangunan pura yang menelan anggaran sebesar Rp-150.0000 melaui dana hibah 2020. Kehadiran Kresna Budi disambut pihak keluarga dan Kades Panji Mangku Ariawan serta Krama dadia.

Kades Panji Kecamatan Sukasada mengucapkan fuji syuhkur atas bantuan yang digelontorkan Kresna Budi kepada masyarakatnya, “Terima kasih kepada Kresna Budi selaku DPRD I Bali yang juga selaku ketua Badan Anggaran telah membantu warga kami, kedepan jalinan komonikasi ini untuk membangun desa tetap terjalin, “ujar Mangku Ariawan yang juga mantan DPRD Buleleng.

Dalam sambutanya usai upacara Ngenteg Linggih dihadapan krama pengempon mengatakan,”Pelaksanaan upacara/Yadnya sudah berjalan bagus, kami juga berterimakasih kepada Desa dinas sudah menfasilitasi, tanpa peran aparatur desa hibah tidak akan berhasil. Tanpa sinergeritas DPRD dan pemerintah desa bantuan gubernur tidak akan bisa berjalan. Jadi pekerjaan gubernur dapat dipermudah,”ujar Kresna Budi

Bantuan tersebut bukan saja digelontorkan pada pura Dadia Pasek Gelgel Babakan, juga tahun ini menggelontor di Panji Anom, Lebah Siung kendati anggara di DPRD Bali juga terkena refosing akibat virus pandemi,”Bantuan kami bukan disini saja di Panji Anom juga tahun ini kita gelontorkan,”terangnya.

Sementara perwakilan pihak Dadia, sangat mengapresisasi bantuan yang dipasilitasi DPRD Kresna Budi pada tahun 2020 asal Kelurahan Liligundi Singaraja, dapat melaksanakan pembangunan pura tersebut secara sempurna hingga terlaksana Ngenteg Linggih dengan diakhiri Tarian Topeng Sidakarya sebagai rangkaian upacara Yadnya selesai.

Menurut pengempon Jro Putu Mardika, anggaran dikeluarkan rehab bangunan Padmasana(Surya), Meru, Gedong,Pelik Sari dan lainya, mengingat Pandemi melumpuhkan ekonomi krama hanya diminta tenaga untuk bergotong royong membuat membangun atau istilah Bali “Ngayah” beberapa bulan. Kepada awak media Faktapers.id selaku yang dituakan di Siwa(kawitan) Sabtu (27/3) memaparkan,

“Kemarin melalui dana hibah yang diberikan DPRD IGK Kresna Budi dapat realisasi 150 juta, ada juga krama yang donasi secara iklas sebagai rasa memiliki dan menghaturkan bakti kepada leluhur (Tuhan) pada prayangan. Kami selalu pihak keluarga sangat berterimakasih apa yang disumbangsihkan oleh pak Kresna terlebih dapat juga meringankan beban Krama kami,” terang Jro Mardika, Des

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments