Jumat, September 17, 2021
BerandaHeadlineHari Air Sedunia, Anies Resmikan IPA Mookervart di Rusun Daan Mogot

Hari Air Sedunia, Anies Resmikan IPA Mookervart di Rusun Daan Mogot

Jakarta, faktapers.id – Instalasi Pengolahan Air (IPA) Mookervart yang dibangun di Jl.Daan Mogot KM.14.5 Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat diresmikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Senin (22/3).

IPA Mookervart dibangun PAM JAYA di area Rusun Daan Mogot Jakarta Barat dengan kapasitas produksi sebanyak 10 liter per second (lps) yang akan melayani sekitar 9.700 pelanggan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut, Instalasi Pengelolaan Air (IPA) Mookervart akan segera dioperasikan. IPA Mookervart itu diproyeksikan untuk melayani kebutuhan air minum penghuni Rusun Daan Mogot.

“IPA Mokervaart merupakan instalasi yang mampu mengolah air baku dari Sungai Mookervaart dan Waduk buatan di sebelah instalasi menjadi air layak minum,” kata Anies, Senin (22/3/2021).

IPA Mookervart ditargetkan pada Maret 2021 akan beroperasi dan mulai melayani kebutuhan air warga Rusun Daan Mogot dengan kualitas air olahannya sesuai standar air minum pada Permenkes 492 tahun 2010.

Dijelaskannya, instalasi ini memiliki keunggulan dari segi teknologi yang menggabungkan pretreatment yang mampu mengolah air tercemar senyawa organik dan ammonia dan proses teknologi termaju melalui membran Ultrafiltrasi dan Reverse Osmosis yang juga digunakan pada SWRO.

Bertepatan dengan hari air sedunia tahun 2021 ini, dirinya mengatakan semua dirayakan dengan keberhasilan, dirayakan dengan pencapaian kita fungsi sentral air dalam kehidupan di bumi ini.

“Semua makhluk, baik manusia, binatang, tanaman, semuanya memiliki ketergantungan pada air karena itulah menghargai air sebagaimana tema pada peringatan hari air sedunia ini,” tuturnya.

Anies pun mengapresiasi jajaran PD PAM Jaya karena telah berhasil membuat sebuah terobosan.

“Mungkin ini salah satu yang pertama yang dibuatkan untuk kebutuhan publik, kalau untuk kompleks – kompleks mungkin sudah ada tapi untuk kebutuhan publik ini salah satu yang pertama dan kami berharap jadi percontohan,” ucapnya. ibeng

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments