Jumat, September 24, 2021
BerandaDKI JakartaKolinlamil Tracing Covid 19 Menggunakan Fast Lab PCR Mobile

Kolinlamil Tracing Covid 19 Menggunakan Fast Lab PCR Mobile

 

 

Jakarta, faktapers.id –  Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) saat ini mampu melaksanakan Swab PCR secara mandiri. Pelaksanaan perdana diawali Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP, M.Tr Opsla yang melaksanakan Swab PCR di Gedung Laut Nusantara, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (18/3).

 

Swab ini juga diikuti Kepala Staf Kolinlamil, Irkolinlamil, Para Asisten, Komandan Denmako, Komandan Satlinlamil 1 Jakarta dan para pejabat utama lainnya.

Pelaksanaan Swab PCR dengan menggunakan Fast Laboratorium Polymerase Chain Reaction Mobile (Fast Lab PCR Mobile), merupakan fasilitas kesehatan yang disiapkan untuk operasional yang bisa berpindah lokasi dengan kemampuan deteksi 4 jam setelah pelaksanaan swab PCR, peralatan ini sangat berguna dalam percepatan penanggulangan Covid-19 di lingkungan Kolinlamil dan masyarakat sekitarnya.

 

Fasilitas ini merupakan bantuan yang diterima dari Kepala Staf TNI Angkatan Laut melalui Dinas Fasilitas Pangkalan TNI Angkatan Laut (Disfaslanal) Mabesal, guna mendukung program Pemerintah dalam percepatan penanggulangan pandemi Covid-19.

 

Adapun PCR adalah singkatan dari Polymerase Chain Reaction. PCR merupakan metode pemeriksaan virus SARS Co-2 dengan mendeteksi DNA virus. Uji ini akan  didapatkan hasil apakah seseorang positif atau tidak SARS Co-2. Dibanding rapid test, pemeriksaan RT-PCR lebih akurat. Metode ini jugalah yang direkomendasikan WHO untuk mendeteksi Covid-19. Selain itu, proses untuk mengetahui hasilnya lebih lama ketimbang rapid test.

 

Pelaksanaan Swab PCR yang dilakukan oleh Tim Satgas Covid-19 Diskes Kolinlamil bekerjasama dengan Dinas kesehatan Jakarta Utara  merupakan perintah pimpinan TNI AL dalam rangka pengendalian dan pencegahan Virus Corona Revisi Ke-4 yang dilaksanakan secara bertahap dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

 

“Dengan vaksinasi dan pemeriksaan Swab PCR secara cepat, tentu kita berharap akan meningkatkan percepatan dalam penanggulangan virus covid 19. Kita dukung penuh program pemerintah” tandas Panglima Kolinlamil. Han

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments