Headline

Pemkab Gowa Tandatangani Empat MoU Terkait Program Peternakan

×

Pemkab Gowa Tandatangani Empat MoU Terkait Program Peternakan

Sebarkan artikel ini

Gowa, Faktapers.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan 4 (empat) pihak terkait program peternakan yakni dengan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan RI tentang Program Super Prioritas Peternakan.

MoU antara Pemerintah Kabupaten Gowa dengan Universitas Hasanuddin tentang Pendidikan, Pelatihan dan Pengabdian Masyarakat di Kabupaten Gowa, MoU antara Pemerintah Kabupaten Gowa Dengan PT Sumber Citarasa Alam tentang Pengembangan Ternak Sapi Perah dan Pemasaran Produk Olahan, dan MoU Antara Pemerintah Kabupaten Gowa dengan PT Berdikari Terkait Program Sapi Potong di Ballroom Padivalley Golf Club, Kecamatan Pattallassang, Senin (1/3).

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan kerjasama ini berkat komunikasi Pemkab Gowa dengan Kementerian Pertanian RI yang mendorong beberapa pihak untuk berinvestasi di Kabupaten Gowa.

“Ditengah pandemi ini kita dituntut untuk terus melakukan inovasi dan berkarya untuk daerah kita, dan Alhamdulillah hari ini kita melakukan penandatangan MoU dimana semua ini berkat bantuan Menteri Pertanian RI yang tidak pernah melupakan Kabupaten Gowa,” ungkapnya

Terkait bentuk kerjasama yang dilakukan khusus Cimory, Pemkab Gowa mempersiapkan lahan dan akan mendapatkan benefit yang bermuara pada peningkatan PAD Pemkab Gowa.

“Kita permudah investasinya, misalnya kita yang siapkan lahan dan dalam investasi yang dilakukan pasatinya akan ada benefit yang diberikan kepada Pemda, inilah yang masuk pada PAD, jadi investasinya boleh full atau sharing yang jelas ada keuntungan tang diberikan kepada kabupaten,” jelas orang nomor satu di Gowa itu.

Sementara, Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo mengatakan Indonesia memiliki lahan dalam berbagai dimensi sehingga pertanian dan peternakan pada setiap provinsi memiliki akses untuk dioptimalisasi.

Selain itu SYL melihat, Pemkab Gowa dibawah kepemimpinan Adnan-Kio ingin lokomotif yang bisa dibackup oleh Unhas agar menjadikan budidaya peternakan itu multiefek dan skala ekonomi.

“Hari ini kami menyaksikam langsung penandatanganan MoU antara Ditjen Peternakan Kementan RI, PT Cimory, PT Berdikari Persero dan Unhas. Hasil penandatangan ini kita ingin bukan hanya budidayanya tapi kita masuk pada mekanisasi dan menindustrikan yang ada hingga siap dalam pemasarannya,” bebernya.

Olehnya melalui hal tersebut, mantan Gubernur Sulsel dua periode ini ingin melihat lima hingga enam bulan kedepan akan ada hasil nyata khususnya dalam industri susu, apalagi menurutnya Indonesia masih butuh susu besar dan penggunaan susu yang masih terbatas, sehingga impor susu menjadi bagian yang harus disiapkan.

“Diharapkan dalam waktu lima bulan sudah ada hasil nyata yang bisa kita capai dari super prioritas program peternakan ini dan menghasilkan sapi perah yang bermuara pada industri susu, karena itu dengan cara ini kita mampu menjadi bagian yang berkontribusi kuat untuk kemandirian pangan dan peternakan,” harapnya.

Penandatangan ini dilakukan langsung Ditjen Peternakan RI, Nasrullah, Rektor Unhas, Prof Dr Dwia Aries Tinas Manager PT Sumber Citarasa Alam Cimory Group, Dadang Suryana Farm dan Direktur PT. Berdikari Persero, Harry Warganegara dan disaksikan langsung Mentan RI, Syahrul Yasin Limpo, Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni bersama unsur Forkopimda Gowa, serta pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa yang menyaksikan secara virtual. Kartia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *