Jumat, April 23, 2021
BerandaDaerahPPKM Mikro Tekankan 5 M, Pemdes Kuncen Optimis Pertumbuhan Ekonomi Membaik

PPKM Mikro Tekankan 5 M, Pemdes Kuncen Optimis Pertumbuhan Ekonomi Membaik

 

Klaten, faktapers.id – Kepala Desa Kuncen Kecamatan Ceper, Klaten optimis ekonomi akan tumbuh dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Hal tersebut dengan syarat masyarakat disiplin terapkan 5M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, menghindari Kerumunan, dan mengurangi Mobilitas).

“Jangan ada lagi pemasangan portal di lingkungan, bebaskan masyarakat beraktifitas tapi ya itu budayakan 5M.” kata Sekdes Kuncen, Rusdi mewakili Kepala Desa pada pencananan PPKM mikro, Selasa (9/3/2021).

PPKM berskala mikro yang sudah berakhir pada 22 Februari 2021 yang lalu tetap dilanjutkan. Karena ini bagus hasilnya kelihatan, akan kita permanenkan saja supaya menjadikan kebiasaan yang baik.

Sekdes mengatakan, di Desa Kuncen tidak ada RT yang masuk kategori zona merah, untuk saat ini sudah sepekan masuk zona hijau. Oleh karena itu, peluncuran PPKM berbasis mikro untuk Desa Kuncen sudah dilengkapi ruang isolasi, posko kesehatan dan dapur umum.

Untuk menekan laju penyebaran Covid-19, satgas dari tingkat kabupaten hingga RT yang telah terbentuk untuk turun ke lapangan mengedukasi masyarakat. Program penyemprotan selalu rutin dilakukan setiap minggu dan sosialisasi masyarakat.

“Dalam PPKM mikro ini tidak ada larangan masyarakat untuk melakukan kegiatan Masyarakat bebas berkegiatan, tapi tetap harus menerapkan 5M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, menghindari Kerumunan dan mengurangi mobilitas) di masyarakat karena itu kuncinya,” tegasnya

Berkegiatan bebas, tapi menerapkan 5M dengan sebenar-benarnya, jangan hanya bicara. Harus ada yang memberi contoh, hal itu yang menjadi kunci PPKM mikro sukses, ekonomi masyarakat tetap jalan.

Masyarakat juga dilarang memasang portal di pintu masuk desa atau gang seperti pada saat awal-awal pandemi Covid-19. Menurutnya, penutupan gang atau jalan akan berdampak ekonomi mati. Masyarakat ingin ekonomi tumbuh, tapi masyarakat tetap sehat.

Ia mencontohkan, di tengah pandemi Covid-19 masyarakat di Jepang tetap dapat beraktivitas seperti biasa, bergerak ke mana-mana, bebas, ekonominya tumbuh, karena mereka displin menerapkan 5M.

Babinsa Desa Kuncen Ceper Serka Suparman mengatakan, kegiatan sosialisasi PPKM berbasis mikro Covid-19 dilaksanakan bertujuan untuk menyamakan persepsi gugus tugas tingkat desa dalam melaksanakan tugas dilapangan.

“Harapannya, hal ini dilakukan untuk segera memutus mata rantai penyebab virus Covid-19 dan mewujudkan bentuk sinergitas TNI dengan aparat desa khususnya,” tegasnya. Madi

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments