Jumat, September 17, 2021
BerandaDKI JakartaRomo Asun Ajak Anggota PWI Jakbar Segera Lakukan Pemutakhiran Kartu Anggota

Romo Asun Ajak Anggota PWI Jakbar Segera Lakukan Pemutakhiran Kartu Anggota

Jakarta, faktapers.id – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) DKI Jakarta atau PWI Jaya telah berhasil menelurkan anggota baru angkatan 8 tahun 2021. Sebanyak 34 wartawan dari berbagai media massa, baik cetak, online dan radio mengikuti kegiatan orientasi PWI Jaya yang berlangsung di Gedung Prasada Sasana Karya (Bank DKI) Lantai 9, Jl. Suryopranoto No 8, Jakarta Pusat, Rabu (17/3/2021).

Pada kesempatan itu Sekretaris PWI Jaya, Kesit B. Handoyo yang membuka jalannya orientasi wartawan angkatan 8 tahun 2021 menyampaikan, era digital ini wartawan dituntut kemampuannya dalam mengaplikasikan teknologi yang semakin canggih untuk menjalankan tugas jurnalistiknya.

“Kita bukan saja belajar sampai di sini, setelah orientasi ini, pastinya para wartawan harus mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Tentunya bagaimana kita mengaplikasikan kegiatan yang biasa kita lakukan setiap hari di dalam UKW tersebut,” ujarnya.

Kesit menyebut, materi-materi yang disampaikan dalam orientasi meliputi Peraturan Dasar (PD), Peraturan Rumah Tangga (PRT) PWI, yang akan disampaikan narasumber Anggota Dewan Kehormatan PWI Jaya M. Yusuf.

Kemudian, lanjut Kesit UU Pers 40 Tahun 1999 Tentang Pers, Kode Etik Jurnalistik, Pedoman Pemberitaan Media Siber serta Peraturan Dewan Pers tentang Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA) yang disampaikan oleh Wakil Ketua Bidang Pembelaan Wartawan PWI Jaya, Arman Suparman.

“Selanjutnya, temen-teman juga akan dibekali materi teknik penulisan berita yang akan dipandu Sekretaris II PWI Jaya, Naek Pangaribuan,” ujar Kesit.

Sementara Ketua PWI Jaya, Sayid Iskandarsyah dalam sambutannya mengatakan, era digital ini wartawan dituntut memiliki kemampuan dan profesionalitasme dalam menulis berita dengan baik dan benar sesuai dengan UU Pers No. 40 Tahun 1999 dengan memperhatikan Kode Etik Jurnalistik (KEJ).

“Kita bukan saja belajar sampai disini, setelah lulus orientasi ini maka akan mendapat kartu anggota PWI. Sebagai anggota PWI, pastinya para wartawan harus menjalankan tugas jurnalistiknya sesuai dengan peraturan UU Pokok Pers dan KEJ. Jika wartawan anggota PWI melenceng dalam melaksanakan tugasnya maka kartu PWI akan dicabut,” tegas dia.

Sayid juga menekankan, jika seorang wartawan harus bisa menulis berita akan menjadi hal aneh jika mengaku wartawan namun tidak bisa menulis berita.

“Wartawan harus punya intelektual tinggi, harus membuat berita dengan faktual dan berimbang juga harus kreatif,” imbuh Sayid.

Sementara pantauan faktapers.is di acara orientasi, 34 peserta nampak antusias mengikuti setiap sesi materi yang diberikan dan sesi tanya jawab pun berlangsung cair antara pemateri dan peserta.

Terpisah Penasehat PWI Koordinatoriat Jakarta Barat, Romo Asun mendukung program orientasi PWI Jaya serta pemutakhiran kartu anggota, khususnya anggota muda.

“Kita mendukung langkah pengurus PWI Jaya dalam pemutakhiran kartu anggota juga orientasi wartawan PWI Jaya. Meskipun waktunya singkat tapi hal itu dapat menambah wawasan dan pengetahuan calon anggota PWI,” kata Romo Asun.

Romo Asun juga mengajak anggota PWI Koordinatoriat Jakarta Barat, yang belum ikut orientasi wartawan agar segera mendaftarkan diri di sesi berikutnya, dan juga ikut pemutakhiran kartu anggota.

“Mau bergabung di PWI Koordinatoriat Jakarta Barat, ya… harus punya KTA PWI dong, baru bisa resmi dikatakan anggota PWI,” tegas Romo Asun.

Ketua PWI Koordinatoriat Jakarta Barat, Kornelius Naibaho turut hadir di acara orientasi wartawan PWI Jaya. Kedatangannya merupakan bentuk dukungan moral kepada anggota PWI Koordinatoriat Jakarta Barat yang mengikuti orientasi wartawan.

“Iya kedatangan saya ke sini sebagai bentuk support kita di pengurus PWI Koordinatoriat Jakarta Barat terhadap anggota yang belum mempunyai KTA PWI. Pengurus mulai dari Ketua PWI Koordinatoriat Jakarta Barat saya sendiri, Sekjen PWI Koordinatoriat Jakarta Barat Ivan, Wakabid Organisasi Maulen Munthe, Wakabid Sosial Ferry Marinus, dan Bendahara Khairuddin Sinambela juga ikut mendampingi sebagai tanda dukungan kami,” tandas Kornel.

Kornel menegaskan bahwa saat ini Koordinatoriat PWI Jakbar tengah memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM).

“SDM wartawan paling kami utamakan. Dengan SDM yang mumpuni, Koordinatoriat PWI Jakbar dapat menjalani program-program unggulannya serta bersinergi dengan tiga pilar Kota Adm Jakarta Barat. Peserta orientasi wartawan hari ini adalah bukti kesungguhan kami dalam membangun SDM Koordinatoriat PWI Jakbar.

Peserta orientasi hari ini merupakan wartawan-wartawan hebat yang memiliki dedikasi tinggi untuk organisasi,” tegas Kornel, yang juga Ketua Balai Wartawan Pemko Adm Jakbar. Ddg

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments