Selasa, September 21, 2021
BerandaDKI JakartaWali Kota Uus Dukung BPP Kembangan Menjadi Kawasan Argo Wisata Edukasi

Wali Kota Uus Dukung BPP Kembangan Menjadi Kawasan Argo Wisata Edukasi

Jakarta Faktapers.id – Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto mendukung Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kembangan dijadikan sebagai kawasan Agro Wisata Edukasi Kembangan.

Alasan Walikota, letak strategis berada di tengah-tengah kawasan Kembangan, dekat dengan kantor wali kota Jakarta Barat dan mudah dijangkau menjadi salah satu modal utama untuk menarik minat masyarakat mengunjungi tempat tersebut.

Sekadar diketahui, BPP Kembangan memiliki luas area sekitar 2,2 hektare, di Jalan Kembangan Raya No 76, Kelurahan Kembangan Utara, Kecamatan Kembangan.

“Saya sangat mendukung BPP Kembangan dijadikan sebagai kawasan Agro Wisata Edukasi Kembangan,” kata  Uus, saat panen padi dan alpukat di BPP Kembangan, Jumat (12/3).

“Tinggal bagaimana pengelolaan lahan ini dengan sebaik-baiknya, ditata dan dikemas sedimikan rupa sehingga menarik warga masyarakat,” jelasnya.

Lebih lanjut Uus menjelaskan, pengembangan Agro Wisata Edukasi Kembangan harus disertai dengan pemanfaatan teknologi yang tepat serta memperbanyak mengisi lahan lahan kosong di area, dan nantinya diharapkan dapat menjadi sumber ketahanan pangan di Jakarta Barat.

Sinergitas dan kerjasama sektoral penting dilakukan untuk pengembangan kawasan ini, misalnya dengan Sudis Pendidikan dan lainnya guna menarik para pelajar melakukan studi banding di lokasi, atau sosialisasi kepada para camat dan lurah untuk menjadikan kawasan tersebut sebagai pembelalajaran bagi masyarakat Jakarta Barat.

Harapannya, di kawasan tersebut mereka bisa belajar pembibitan, pembenihan, penanaman, pemupukan, panen hingga pengemasan yang mungkin selama ini masyarakat belum belum mengetahui caranya.

“Saya juga minta Sudis KPKP untuk menggandeng PKK. Karena perannya yang luar biasa dan kadernya ada mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan hingga kota,” imbuh Uus.

Dikatakan, di kawasan tersebut bisa menjadi laboratorium bagi kader PKK untuk belajar cara pengelolaan lahan pertanian di Jakarta Barat.

“Nantinya apa yang sudah dikelola PKK kerjasama KPKP, hasilnya saat akan menanam, memelihara sampai panen mungkin nanti bisa diajak anak-anak sekolah untuk melihat prosesnya,” ujarnya didampingi Kasudis KPKP Jakbar Iwan Indriyanto.

“Sehingga ini akan menjadi salah satu bentuk contoh edukasi yang baik buat generasi penerus, anak-anak kita ke depan, khususnya di Jakarta Barat,” pungkasnya. Kornel

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments