Headline

BPN Banten Menyapa Warga Lewat Udara, Sosialisasikan Program PTSL

×

BPN Banten Menyapa Warga Lewat Udara, Sosialisasikan Program PTSL

Sebarkan artikel ini

Serang, Faktapers.id – Melalui Radio Pro 1 RRI Banten FM 94.9 MHz, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Serang Teguh Wieyana sosialisasikan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang berlokasi Kota Serang dan Kabupaten Serang, pada Selasa (13/4/2021) bertempat di kantor RRI Banten, Jl. Lingkar Selatan Jl. Ciracas, Serang, Kec. Serang, Kota Serang, Banten.

Dalam sosialisasi ini Teguh Wiyana mengajak masyarakat Kota Serang dan Kabupaten Serang yang tanahnya belum terdaftar atau sudah diukur dan dipetakan namun belum memenuhi persyaratan yuridis agar segera mendaftarkan tanahnya dengan cara menyampaikan kelengkapan berkas yuridis ke kantor desa/kelurahan setempat.

Kantor Pertanahan Kabupaten Serang yang membawahi sertipikasi program PTSL pada Kota dan Kabupaten Serang ini miliki target pengukuran dan pemetaan sebanyak 20.000 bidang yang terkonsentrasi di Kecamatan Serang, 106.192 bidang target Sertipikasi Hak Atas Tanah (SHAT) yang berlokasi di seluruh kecamatan di Kota Serang dan 8 kecamatan di Kabupaten Serang yakni di Kecamatan Tanara, Petir, Tunjung Teja, Baros, Cikeusal, Lebak Wangi, Tirtayasa dan Pontang.

Dalam wawancara dengan Radio Pro 1 RRI Banten Teguh menjelaskan manfaat yang diperoleh masyarakat dari sertipikasi hak atas tanah diantaranya adanya kepastian hukum, kepastian hak atas tanah, kepastian subjek dan objek, kepastian luas, kepastian letak di desa mana, koordinat berapa, beserta batasnya.

Jadi Sahabat BPN Banten yang memiliki tanah namun belum bersertipikat pada lokasi di atas segera ajukan sertipikasinya yuk dengan:

1.Memastikan tanda batas bidang tanah jelas dan sudah terpasang; serta
2.Lengkapi persyaratan yuridisnya meliputi fotokopi KTP, formulir pendaftaran, pernyataan penguasaan fisik, bukti alas hak, fotokopi PBB dan dokumen lainnya yang diperlukan misalnya bukti setor Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) jika tidak nihil;
Adapun dokumen yuridis diserahkan ke kantor desa/kelurahan di lokasi tanah Sahabat BPN Banten berada. RM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *