Selasa, September 28, 2021
BerandaDKI JakartaKata Tokoh Pemuda JakBar dan Anggota LKB DKI Soal Ondel-Ondel Dibuat Ngamen...

Kata Tokoh Pemuda JakBar dan Anggota LKB DKI Soal Ondel-Ondel Dibuat Ngamen Jalanan

Jakarta, Faktapers.id  – Ondel-ondel  adalah simbol Kebudayaan Betawi yang Harus Dihormati, yang sekarang sudah hampir beralih menjadi sarana untuk pengamen. Terkait hal inibl Faktapers.id pun mengkonfirmasi serta meminta pendapat Tokoh Pemuda Jakarta Barat, Umar Abdul Aziz, S.Pd., SH, MH yang juga anggota LKB DKI mengatakan semestinya pemkot harus mengambil sikap yang profesional dalam menanggulangi maraknya icon Betawi ini dijadikan sebagai sarana mencari nafkah oleh sebagian masyarakat.

Umar menyarankan harus ada solusi yang paling baik, di satu sisi kami sebagai warga Betawi juga keberatan serta khawatir jika nanti ikon Betawi ini dijadikan suatu pertunjukan yang memang akan ” menjatuhkan ” ikon betawi tersebut.

“Kalau memang diperlukan kami dari perwakilan tokoh dan masyarakat Jakarta Barat akan menyurati Dinas Perbud untuk segera melakukan penindakan atau pencegahan. Dan kami juga akan audensi ke beberapa camat untuk mendukung agar ondel-ondel  ini dapat dihormati, karena simbol Kebudayaan Betawi,” ungkapnya kepada Faktapers.id

Menurut Umar, seharusnya Pemkot DKI ataupun Pemkot Jakarta Barat Dalam hal ini dinas yang terkait harus mengeluarkan aturan tentang hal-hal yang boleh dilakukan oleh oleh masyarakat tentang simbol budaya, jika terjadi pembiaran maka akan membuat simbol Betawi ini menjadi tidak lagi dihormati.

”Saya khawatir jika ini terus dibiarkan maka simbol betawi dalam hal ini ondel-ondel akan mengalami pergeseran pandangan masyarakat, serta ondel-ondel tidak lagi dihormati sebagai ikon betawi” ucap Umar.

“Karena saya sendiri melihat ondel-ondel ini adalah simbol Betawi yang memang hanya dihadirkannya pada saat hari-hari besar atau Hut Jakarta Oleh karena itu saya berharap Pemkot DKI dan Jakarta Barat khususnya, harus bisa menertibkan atau mengendalikan para pengamen yang menggunakan simbol Betawi” tandas umar.[]

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments