Headline

Pj Sekda Gowa Harap Percepat Penyerapan Pendapatan dan Belanja Daerah

×

Pj Sekda Gowa Harap Percepat Penyerapan Pendapatan dan Belanja Daerah

Sebarkan artikel ini

Gowa, Faktapers.id – Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Hj. Kamsina berharap agar dilakukan percepatan penyerapan Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Gowa Tahun Anggaran 2021.

Hal ini disampaikannya saat membuka Rapat Evaluasi Penyerapan Anggaran Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Triwulan I Tahun Anggaran 2021 di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Jum’at (23/4).

“Bapak Bupati Gowa telah mengingatkan kita agar daya serap anggaran bisa lebih cepat dari tahun sebelumnya, sehingga pencairan tidak lagi menumpuk nanti di Desember 2021 ini,” kata Kamsina.

Ia meminta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), baik penggunaan anggaran maupun pengelola Pendapatan Asli Daerah (PAD) melakukan perencanaan yang baik untuk mempercepat serapan anggaran.

Apalagi katanya, tahun 2020 lalu Kabupaten Gowa merupakan kabupaten dengan serapan anggaran tertinggi di Indonesia, yaitu berada di posisi ke-4 nasional. Selain itu, dirinya juga berharap di triwulan kedua realisasi pendapatan dan belanja daerah Kabupaten Gowa bisa di atas 50 persen.

“Saya minta SKPD agar menggerakkan kegiatan-kegiatan yang bisa dinikmati masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan. Jadi saya sampaikan seluruh SKPD untuk merencanakan apa yang harus dilakukan untuk merealisasikan anggaran-anggaran yang ada di SKPD masing-masing,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Gowa, Ismail Madjid mengatakan bahwa di triwulan pertama ini, PAD Kabupaten Gowa masih sekitar 19,18 persen. Menurutnya hal ini karena penerimaan yang bersumber dari bagi hasil dan lain-lain yang sah masih rendah.

Walaupun demikian, dari sektor penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah, dirinya menyebutkan sudah memenuhi persyaratan pengukuran kinerja dan dikelola sesuai dengan perencanaan pada triwulan pertama sebesar 25 persen.

“Secara totalitas kita mencapai penerimaan PAD lebih khusus pada retribusi dan pajak daerah kita masing-masing pada posisi 25 persen. Tetapi sekian penerimaan pajak daerah itu ada beberapa sektor yang masih dianggap perlu untuk ditingkatkan,” ungkapnya.

Ia juga mendorong SKPD pengelola PAD untuk lebih giat melakukan penagihan dan pengelolahan pajak dan retribusi agar semua jenis penerimaan baik dari segi penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah masing-masing mencapai sesuai dengan perencanaan.

Di tempat yang sama, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Gowa, Abd Karim Dania juga mengatakan realisasi anggaran Pemerintah Kabupaten Gowa di triwulan pertama ini masih sekitar 19 persen.

“Secara umum pada prinsipnya dari segi keuangan dari segi BPKD itu sudah jalan sesuai dengan aturan yang ada. Tetapi dengan kondisi-kondisi semua hal baru termasuk dalam penerapan SIPD terpusat semua di Kementerian Dalam Negeri maka dibutuhkan penyesuaian-penyesuain termasuk didalamnya proses pencarian, pelapoan dan sekarang kita ini dimonitor langsung oleh Kemendagri,” jelasnya.

Namun yang tidak kalah pentingnya kata dia adalah kasiapan anggaran, baik dana transfer dari pusat, dana bagi hasil dari Pemerintah Provinsi maupun dari penerimaan daerah Kabupaten Gowa.

“Kita tidak bisa melihat dari segi belanjanya, tapi kita juga harus lihat dari segi pendapatannya. Karena kalau kita mau belanja baru tidak ada pendapatan percuma dan tidak bisa juga,” lanjut.

Walaupun demikian, dirinya tetap optimis pencapaian pada tahun lalu dengan realisasi anggaran tertinggi ke-4 nasional bisa dicapai.

“Inikan masih beberapa bulan kedepan mudah-mudahan dengan berjalannya waktu posisi yang kemarin kita juga bisa capai secara nasional. Tentu masih banyak program kegiatan di SKPD sekarang ini masih dalam tahap perencanaan. Mulai dari lelang, kontrak, dan setelah itu diminta pencairan,” tambahnya.

Turut menyampaikan pemaparan pada kesempatan ini, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Gowa, Taufiq Mursad dan Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setkab Gowa, Aisyah Nadjamuddin. Kartia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *