Selasa, Agustus 3, 2021
BerandaBali114 Pendonor Sambut HUT Bhayangkara ke 75 Bersih Dari Virus

114 Pendonor Sambut HUT Bhayangkara ke 75 Bersih Dari Virus

lSingaraja.Bali.Faktapers.id*-Dalam rangka memperingati hari Bhayangkara ke 75 yang jatuh pada hari Kamis tanggal 1 Juli 2021, Kapolres Buleleng AKBP I Made Sinar Subawa,S.I.K.,MH., bersama dengan Waka Polres Buleleng Kompol Loduwyk Tapilaha, S.I.K.,M.H., serta pendonor lainnya yang diiktui personel Polres Buleleng, 10 Personel dari Kodim 1609 Buleleng serta 17 Bhyangkari.

Kegiatan donor dilaksanakan pada hari ini Rabu (23/6/2021) mulai pukul : 08.30 wita bertempat di Gedung Ananta Wijaya Polres Buleleng dengan secara keseluruhan peserta donor darah yang mendaftarkan diri sebanyak 114 orang dan yang berhasil didonorkan darahnya 79 orang sedangkan 35 orang tidak dapat diambil karena baru melaksanakan vaccine tahap pertama dan tidak memenuhi syarat.

Sebelum dilakukan donor, para pendonor dilakukan pemeriksaan tekanan darah dan pemeriksaan kadar Hemoglobin. Sehingga yang memenuhi persyararan tekahan darah yang berkisar antara 100 sampai 140 per 70 sampai 90 dan kadar Hemoglobin 12,5 sampai dengan 17 g/dL, baru dapat dilakukan pengambilan donor atau mendonorkan darahnya.

Pengambilan donor darah dilaksanakan oleh tim dari Palang Merah Indonesia Buleleng yang dipimpin langsung dr. Made Mardani bersama dengan 5 tenaga kesehatan serta tim kesehatan dari Poliklinik Pratama Polres Buleleng. Pengambilan darah yang diambil dari pendonor sebanyak 350 cc yang nantinya darah yang tersimpan pada kantong plastik tersebut akan disimpan pada Blood Bank yang ada di Kantor PMI Buleleng.

Donor darah ini nantinya akan diberikan keapda orang yang membutuhkan yang biasanya dibutuhkan oleh orang yang mengalami luka berat atau menderita penyakit tertentu, seperti anemia, thalassemia, dan kanker darah.

dr. Ni Made Mardani menyampaikan, dalam proses donor, kami mengambil pula sebagian darah dari pendonor sebagai sampel, hal itu untuk dilakukan screening atau penyaringan terlebih dahulu untuk memastikan darah yang didonorkan tidak terinfeksi oleh salah satu dari empat penyakit menular yakti HIV/AIDS, Sifilis, Hepatitis B dan Hepatitis C, cetusnya.

Disisi lain Kapolres Buleleng menyampaikan, kegiagtan donor darah yang dilakukan ini dalam rangka bhakti sosial yang dilaksanakan Polres Buleleng dalam rangka hari Bhayangkara ke 75, bahkan sebelumnya jug sudah dilaksanakan bhati sosial lainnya seperti bersih-bersih ditempat ibadah baik di Pura, Mesjid, Gereja maupun tempat umum/wisata lainnya, cetusnya.

“ Bahwa giat Donor darah ini merupakan rasa kepedulian terhadap kemanusiaan karna setetes Darah merupakan harapan kehidupan “ jelas AKBP Made Sinar. Des

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments