Jumat, September 24, 2021
BerandaDaerahBangkitkan Ekonomi Warga, Desa Pondok Bangun Arena Kuliner

Bangkitkan Ekonomi Warga, Desa Pondok Bangun Arena Kuliner

 

Klaten, faktapers.id – BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) merupakan bentuk konsolidasi penguatan lembaga ekonomi desa yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan usaha.

Dalam menyikapi hal tersebut, Pemdes Pondok, Kecamatan Karanganom, Klaten sedang membuat arena taman bermain dan kuliner sebagai strategi mengeksplor kreatifitas warga setempat yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Kepala Desa (Kades) Pondok, Budi Utama menyampaikan yang melatarbelakangi desanya membuat arena kuliner tersebut, karena selama ini masih fakum dalam berbagai kegiatan apalagi yang berkaitan dengan PAD.

”Disini kami memunculkan ide gagasan yang bersumber dari masyarakat untuk membikin pusat taman dengan menitikberatkan di kuliner,” terang Budi, Kamis (10/6/2021).

Selain kuliner, arena ini nantinya, lanjut Budi, sebagai tempat berkumpulnya warga dari anak-anak hingga orang tua supaya mudah diberikan pembelajaran baik agama, sopan santun dan lainnya.

”Pemerintah Desa mendorong dan masyarakat sendiri harus segera sadar untuk menghidupkan area ini sebagai wadah pemersatu masyarakat yang ujungnya bisa ramai pembeli sehingga ekonomi warga bisa meningkat,” imbuhnya.

Budi meyakini dengan membuat area taman dan kuliner yang akan rampung 2 bulan ini dikerjakan bisa menarik minat anak muda dan khalayak.

Hal itu merupakan langkah awal untuk mengembangkan desa yang dipimpinnya itu. Sasaran tidak hanya untuk pemuda di sekitar desa saja, namun juga masyarakat lain.

Dia menyebut anggaran bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2021 dengan menelan estimasi biaya sekitar Rp 455 juta. Melalui fasilitas dari Pemdes tersebut, harapannya warga bisa terwadahi sehingga ekonomi warga bisa lebih baik.

”Pengerjaan saat ini sudah mencapai hampir 75 persen, dan waktu yang ditargetkan sekitar 2 bulan selesai, mulai dari awal pemerataan lahan hingga pembikinan trotoair serta fasilitas taman,” ujarnya.

Sementara itu, Pendamping Desa Pondok, Ayu Nurida Arifiani mengatakan Dana Desa (DD) memang difokuskan untuk Bumdes dalam pengembangan ekonomi masyarakat biar lebih maju.

“Dampak pembangunan ini diharapkan ekonomi warga bisa lebih meningkat sehingga mampu bersaing serta bersinergi dengan desa lain. Desa Pondok sudah memfasilitasi dan memberikan wadah bagi warga supaya bisa berkarya dan Bumdes yang memasarkan,” tegasnya. Madi

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments