Minggu, Juli 25, 2021
BerandaHeadlineKades Ngering: BLT-DD Sangat Berdampak Pada Pemulihan Ekonomi Warga

Kades Ngering: BLT-DD Sangat Berdampak Pada Pemulihan Ekonomi Warga

 

Klaten, faktapers.id – Pemerintah Desa Ngering, Kecamatan Jogonalan, Klaten menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahap IV kepada keluarga penerima manfaat (KPM) dalam upaya penanganan dampak pandemi COVID-19.

“Penyaluran tahap IV ini dilakukan setelah pemerintah pusat melalui Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi menerbitkan aturan untuk memperpanjang penyaluran BLT-DD,” ujar Kades Ngering, Rahmanto, Kamis (4/6/2021).

Kades mengatakan nilai nominal BLT-DD pada tahun 2021 ini berbeda nominal dengan tahun 2020. Jika nilai nomina tahun sebelumnha disalurkan Rp600 ribu untuk masing-masing Keluarga Penerima Manfaat setiap bulan, untuk tahun ini masing-masing KPM menerima Rp300 ribu per bulan.

Ia juga menekankan bahwa dalam musyawarah penetapan KPM atau penerima BLT-DD harus benar-benar berpedoman pada kriteria yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) dan Peraturan Menteri Desa (Permendes).

“Kriteria yang dimaksud adalah keluarga miskin, menderita penyakit menahun, lanjut usia serta keluarga yang kehilangan pekerjaan sebagai dampak pandemi COVID-19,” ungkap dia.

Selain itu, kriteria lain yang lebih penting lagi adalah penerima BLT-DD tidak tumpang tindih dengan KK atau KPM penerima Bantuan Sosial Langsung (BST) dari Kementerian Sosial, tidak tumpang tindih dengan penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

“BLT-DD berdampak pada pemulihan ekonomi masyarakat. Meski jumlah penerima BLT-DD setiap desa tidak dibatasi, namun harus memenuhi kriteria tersebut dan hal itu sudah kami tetapkan dalam musyawarah RT,” ujarnya.

Sementara itu, jumlah keseluruhan Kepala Keluarga (KK) penerima BLT-DD tahap kedua di Ngering tercatat sebanyak 142 KK, hingga saat ini dengan jumlah total dana BLT-DD yang disalurkan sebesar Rp174 juta selama 4 kali pencarian. Madi

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments