Headline

Menko Polhukam Berdialog dengan MRP Bahas Papua dan Otsus

×

Menko Polhukam Berdialog dengan MRP Bahas Papua dan Otsus

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Pimpinan dan Anggota Majelis Rakyat Papua (MRP) bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD untuk dialog seputar persoalan-persoalan di tanah Papua dan menyampaikan aspirasi rakyat Papua.

“Kami saling menjelaskan dan bertukar pikiran, dan saya menjelaskan kebijakan pemerintah pusat di Papua, dimana mereka memahami bahwa apa yang sudah dan akan dilakukan, semua sesuai dalam koridor Konstitusi dan dengan pendekatan kesejahteraan,” ujar Menko selepas pertemuan di Gedung Kemenko Polhukam, Jumat sore (11/6/2021).

Ketua MRP Timotius Murib, menyampaikan, bahwa kedatangannya untuk menyampaikan aspirasi orang asli Papua kepada pemerintah pusat dengan berkomunikasi berbagai hal di tanah Papua untuk menyikapi proses perubahan kedua UU No. 21/2001 yang sedang bergulir di DPR.

Murib juga mengatakan bahwa pihaknya nendapat respon sangat luar biasa dari Menko Mahfud dalam menampung aspirasi dan diakomodir dengan baik melalui Dirjen Otonomi Daerah yang ikut hadir dalam pertemuan agar dapat disampaikan ke DPR.

Dalam pertemuan itu, Menko Mahfud menjelaskan bahwa pada prinsipnya sesuai arahan presiden untuk menyelesaikan persoalan di Papua jangan dengan senjata dan letusan, tapi dengan dialog demi kesejahteraan.

Mahfud juga mengemukakan bahwa penegakan hukum kepada kelompok-kelompok bersenjata adalah sebagai bagian untuk memperlancar dialog dengan rakyat Papua yang jauh lebih banyak diluar kelompok bersenjata itu. Her

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *