Kamis, Agustus 5, 2021
BerandaDKI JakartaMeresahkan! Server Down, Pendaftaran PPDB DKI Terhambat, Bikin Orang Tua Menjerit

Meresahkan! Server Down, Pendaftaran PPDB DKI Terhambat, Bikin Orang Tua Menjerit

Jakarta, faktapers.id – Hari ini, pendaftaran peserta didik baru (PPDB) DKI dibuka untuk jenjang SD, SMP, serta SMA/SMK khusus jalur prestasi akademik dan prestasi non akademik. Namun, pembukaan PPDB sejak pagi tadi tidak berjalan lancar lantaran server down.

Tak sedikit orangtua murid resah lantaran tidak bisa mengurus PPDB bagi putri-putri mereka. Holly Roza, warga Kelurahan Gandaria Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan itu panik sebab sejak pukul 06.00 WIB dirinya sudah bersiap didepan komputer untuk membuat akun PPDB daring melalui Sidanira (Sistem Pendataan Nilai Raport) untuk mendaftarkan putranya ke SMP yang telah diincarnya sejak lama. Namun sayang, hingga pukul 16.00 Wib, dirinya belum juga berhasil mendaftarkan putranya.

“Belum bisa buat akun sejak pagi tadi. Sejak jam delapan pagi tadi katanya karena sistem Sidanira tidak terkoneksi dengan sistem PPDB. Sekarang, alasannya proses dalam antrian pengecekan di Sidanira, mohon ditunggu beberapa saat lagi. Beberapa saatnya berjam-jam, gimana ini. Harusnya sudah dipersiapkan jauh-jauh hari dong,” papar Holly Roza geram kepada faktapers.id, Senin, (7/6/2021).

Holly Roza menjelaskan, karena untuk melakukan PPDB, calon peserta didik baru (CPDB) harus melakukan pembuatan akun. Dalam akun tersebut nantinya akan terhubung dengan sistem Sidanira. Sedangkan sejak awal server sudah tak bisa diakses. “Ini nih yang membuat orang tua menjerit. Saya pikir jaringan internet saya yang bermasalah. Setelah saya cek ke orangtua murid lain, persoalannya sama saja, mereka juga belum bisa mendaftar, hadeuh,” tambahnya.

Lain [email protected], dalam cuitannya di media sosial mengatakan #Ini setingkat DKI loh, masa servernya begini,…

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Jakarta Selatan, Isnawa Aji, saat dikonfirmasikan terkait keluhan orang tua mengatakan, masalah server down bukan berasal dari server milik pemerintah kota Jakarta Selatan. “ Servernya dari tingkat Prov DKI,” papar Isnawa Ajdi.

Dilain pihak, pengamat dan pemerhati kinerja ASN (Apartur Sipil Negara) yang juga Dosen di sejumlah Perguruan Swasta, M.Arief Mujazi menuturkan, selayaknya Pemerintah harus mempersiapkan segalanya dengan baik, terkait PPDB jika sudah di mulai, jangan membuat bingung warga, dan harus segera diselesaikan agar tidak terkatung-katung.

“Selayaknya pihak terkait menyangkut PPDB di DKI Jakarta mendapatkan sangsi, karena sudah merugikan warga,” pungkasnya. Her

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments