Minggu, Juli 25, 2021
BerandaDKI JakartaPeduli Sesama, Sekolah Bakti Mulya 400 bekerjasama dengan PMI DKI Jakarta Gelar...

Peduli Sesama, Sekolah Bakti Mulya 400 bekerjasama dengan PMI DKI Jakarta Gelar Aksi Donor Darah

 

Jakarta, faktapers.id – Lembaga pendidikan Sekolah Bakti Mulya 400 menunjukan kepedulian terhadap sesama dengan menggelar aksi donor darah. Aksi yang dilakukan sekaligus memperingati Hari Donor Darah Sedunia (World Blood Donor Day 2021), ini merupakan kolaborasi antara Sekolah Bakti Mulya 400 dengan PMI DKI Jakarta.

Kegiatan yang berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) ketat ini dibuka oleh Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Kota Jakarta Selatan, Drs. Isnawa Adji M. AP. Acara yang dilaksanakan pukul 08.00-12.00 WIB ini dihadiri Ketua PMI DKI Jakarta, Drs. H. Rustam Effendi, M.Si. dan sejumlah jajaran Sekolah Bakti Mulya 400.

Pada kegiatan ini, Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Kota Jakarta Selatan, Drs. Isnawa Adji M. AP berpesan agar kegiatan donor darah ini bisa menjadi motor penggerak untuk mengajak komunitas di Sekolah Bakti Mulya 400 melaksanakan donor darah secara rutin.

Sebab menurut Isnawa, pada masa Pandemi Covid-19 ini persediaan kantong darah di PMI sempat mengalami kerisis. Sehingga diperlukan rasa kebersamaan dan kemanusiaan yang tinggi untuk melakukan donor darah.

“Kegiatan positif ini bisa diperluas dengan mengajak orang tua siswa dan komunitas pendidikan yang lebih luas untuk ikut berpartisipasi mendonorkan darahnya. Kebetulan baru beberapa waktu lalu saya donor darah. Padahal, ingin sekali saya donor darah disini,” papar Isnawa Adji di SMA Bakti Mulya 400, jalan Lingkar Selatan Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan Kamis, (24/6/2021).

Ditempat yang sama, ketua PMI DKI Jakarta, Drs. H. Rustam Effendi, M.Si. memberikan apresiasi kepada Sekolah Bakti Mulya 400 yang telah nyata menunjukkan aksi solidaritas kemanusiaan. Lebih-lebih pada saat ini pandemi Covid 19 masih berlangsung di DKI Jakarta. Upaya yang terbaik adalah dengan cara memperluas kerjasama dengan seluruh pihak.

Lebih lanjut Rustam mengatakan bahwa kebutuhan darah di DKI Jakarta per hari sebanyak 1000 sampai 1200 kantong darah. “Kebutuhan darah di DKI Jakarta per hari sebanyak 1000 sampai 1200 kantong darah. Untuk mencukupi hal tersebut perlu kerja yang terus-menerus dan dukungan dari masyarakat luas,” kata Rustam.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Harian Yayasan Bakti Mulya 400, Dr Sutrsino Muslimin, M.Si. mengharapkan mendapatkan target 200 kantong darah pada kegiatan donor darah ini. berdasarkan data dari daftar peserta donor darah sehingga pukul 10.28 Wib sudah lebih dari 100 peserta.

Lebih lanjut Sutrisno mengatakan bahwa donor darah yang mengambil tema sesuai dengan tema PMI Jakarta yaitu “Setetes Darah untuk Kemanusiaan” atau “Drop of Blood For Humanity” ini bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian sosial antar sesama, membudayakan pola hidup sehat dan menguatkan solidaritas tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan orang tua murid.

Dengan tema tersebut diharapkan semua civitas pendidik dan tenaga kependidikan menunjukkan aksi nyata untuk kemanusiaan di masa Covid 19. Selain itu, kegiatan ini sekaligus untuk membantu program kerja PMI DKI Jakarta dalam menambah pasokan darah yang diperlukan masyarakat.

“Mari jadikan kegiatan donor darah ini menjadi tradisi untuk beramal baik,” papar Surtisno Muslimin.

Menurut Sutrisno, kegiatan donor darah ini akan diupayakan berjalan simultan dan berkesinambungan. Pihaknya akan berusaha mengembangkan lagi peserta donor darah yang akan dilibatkan. “Mudah-mudahan kegiatan donor darah ini bisa dilaksanakan secara berkala. Kita harus evaluasi dulu kegiatan hari ini. Mudah-mudahan pandemi Covid-19 ini berakhir sehingga kita bisa mengatur lagi segala sesuatunya,” pungkas Sutrisno sang pemrakarsa giat donor darah di SMA Bakti Mulya 400. Her

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments