Jumat, September 24, 2021
BerandaDaerahPemerintah Desa Domet Permai Gelar Musdessus Tentang Penetapan Data SDGs

Pemerintah Desa Domet Permai Gelar Musdessus Tentang Penetapan Data SDGs

Melawi, Faktapers.id – Merupakan Kewajiban Yang telah Ditentukan Oleh pemerintah Terkait Subtainable Devolepment Goals Desa (SDGs) Sehingga Pemerintahan Desa Domet Permai, Kecamatan Ella Hilir, Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat, Melakukan Musdessus Verifikasi,Validasi Analisa Dan telah menyelesaikan Pemutakhiran Data Indeks Desa Membangun berbasis Sustainable Devolepment Goals Desa (SDGs Desa) 2021 yang Dilakukan dengan pelaksanaan Musyawarah Desa Khusus (Musdessus) pada Senin (31/5/2021) di aula desa Domet Permai.

Adapun Agenda Pokok Pada Musdessus Tersebut Tidak lain adalah lebih kepada verifikasi, validasi, analisa dan menetapkan hasil pendataan SDGs Desa Setempat. Rapat Musdessus Tersebut Dipimpin langsung oleh Kepala Desa Domet Permai Zulkarnain, BPD, Pendamping Desa, Pokja Relawan Pendataan SDGs Desa Domet Permai.

Sa’ at dikonfirmasi Melalui Selulernya, Zulkarnain Selaku Kepala Desa Domet Permai mengatakan, Bahwa dari hasil pendataan Tersebut Diatas yang dilakukan para Rekan Rekanya,Sehingga Pada Musdessus Kali ini Kita menyepakati dan menetapkan hasil Pemutakhiran data Desa.

Lanjut.”Zulkarnaen menjelaskan,Adapun Kegiatan Yang Dilakukan Pokja Relawan SDGs Desa Salah satunya Yaitu telah menyelesaikan, survey Desa, survey RT, survey keluarga hingga survey individu.

Sehingga, dari data Yang Didapatkan dilapangan, Diantaranya jumlah invidu sebanyak 1.528 jiwa yang merupakan penduduk asli yang bermukim Di Desa Domet Permai yang tersebar di 12 RT. Sedangkan jumlah Keluarga yang Telah Terdata sebanyak 462 keluarga.

“Zulkarnain Berharap Kedepan hasil Dari pendataan SDGs Desa Kali ini akan menjadi acuan sebagai Basis Data Desa untuk Dijadikan Dasar perencanaan Pembangunan Desa RKPDes ditahun Selanjutnya,pungkasnya

Tambahnya,”melalui Data SDGs Desa, Yang kita peroleh Sa’ at ini Dan Telah Kita Tetapkan,Maka Desa Kita Kedepan akan lebih mudah menentukan Sesuatu Sesuai Dengan potensi Desa Yang secara berkesenambungan, sehingga penggunaan anggaran Dana Desa Dapat Dialokasikan Sesuai Dengan Kebutuhan Serta pengelolaannya Tidak menyimpang Dengan Semua Ketentuan.”tegasnya

Tambanya.”Hasil SDGs Desa ini tinggal melaporkan KeKementerian Desa PDTT Sebagai laporan kegiatan Yang Telah Kita laksanakan.

Hasil Dari Pendataan tersebut Zulkarnain Sangat Mengafresiasikan Kepada Pihak Pendamping Lokal Desa Yang Telah Bekerja Keras,Terkhusus Kepada Ibu Megawati Selaku Penadamping Lokal Desa (PLD)Pada kesempatan Yang Baik Ini Saya Berterima Kasih Yang Sedalam Dalamnya Atas Kerja Kerasnya Bersama Kawan Kawan,Walaupun Sempat mengungkapkan Tentang Kendala yang dihadapi Pada Sa’ at pendataan yang sering terjadi gangguan atau kesulitan login server pada aplikasi SDGs dan lemahnya sinyal internet di Desanya,Tapi ini Semua tidak melemahkan Semangat Mereka.

“Ini Semua berkat semangat, dukungan dari semua pihak Sehingga proses pendataan bisa Diselesaikan Dengan Baik Dan Menghasilkan Data Yang Akurat Seperti yang Kita harapkan Sebelumnya ”,Imbuhnya.Skn:Abd.

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments