Headline

Ini Yang Dilakukan Suku Baduy Sehingga Tidak Terjangkit Covid-19

×

Ini Yang Dilakukan Suku Baduy Sehingga Tidak Terjangkit Covid-19

Sebarkan artikel ini

Jakarta, Faktapers.id – Meski Pandemi Covid-19 hampir satu tahun, namun tidak ada satu pun warga Suku Baduy di pedalaman Provinsi Banten yang terkonfirmasi positif.

Padahal di Kabupaten Lebak, jumlah kasus sudah mencapai 1.179 yang tersebar di 28 kecamatan hingga Kamis (21/1/2021).

“Tidak ada, tidak ada sama sekali, masih nihil,” ujar Tetua Adat Masyarakat Baduy sekaligus Kepala Desa Kanekes, Jaro Saija, pada Jumat (22/1/2021).

Ia mengungkapkan nol kasus di Baduy merupakan hasil dari segala upaya yang sudah dilakukan oleh pihaknya untuk mencegah Covid-19 masuk ke dalam wilayahnya.

Antisipasi cepat
Kata dia, sejak corona tercatat pertama kali di Indonesia pada Maret tahun lalu, pihaknya sudah mengantisipasi dengan cepat.

“Warga Baduy yang ada di perantauan diperintahkan untuk langsung pulang, semua pulang dari Jakarta, Tangerang, Bandung,” katanya.

Dan warga Baduy yang sudah di dalam wilayah Desa Kanekes dilarang untuk bepergian.

Hal lainnya wajib masker di kawasan Baduy sebagai kawasan adat yang kerap dikunjungi wisatawan, Baduy juga membatasi kunjungan selama pandemi.

Bagi mereka yang datang ke Baduy, dikatakan Saija, harus mengikuti protokol kesehatan. Warga Baduy juga diwajibkan untuk selalu mengenakan masker.

Ia juga mengungkapkan upaya lain untuk menangkal Covid-19 juga dilakukan dengan cara tradisional.

“Mantra dan doa
Setiap saat kerap dilakukan doa bersama untuk meminta keselamatan bagi warga Baduy. Beberapa waktu lalu bersama Jaro Tangtu kita kumpul, berdoa, nyareat-lah istilahnya untuk keselamatan warga Baduy, kita pagari juga batas-batas wilayah dengan doa, ada mantra-mantranya,” paparnya.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *