Minggu, September 26, 2021
BerandaDKI JakartaKasus Covid-19 Pada Anak Meningkat, Kak Seto Imbau Orangtua Jangan Parno

Kasus Covid-19 Pada Anak Meningkat, Kak Seto Imbau Orangtua Jangan Parno

Jakarta, faktapers.id – Ketua Umum (Ketum) Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), Seto Mulyadi mengaku prihatin terhadap kasus positif Covid-19 pada anak yang terus melonjak dalam beberapa minggu belakangan ini.

Data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan, kasus positif Covid-19 pada anak Indonesia mengalami peningkatan sebanyak 12.6 persen. Artinya, dari 2 juta kasus positif se-Indonesia, 250.000 merupakan anak-anak dengan prosentase 2,9 persen terdapat pada anak usia 0-5 tahun dan 9,7 persen pada anak usia 6-18 tahun.

Namun demikian, Seto Mulyadi yang akarab dipanggil Kak Seto ini menghimbau kepada seluruh orangtua agar tidak ‘Parno’ (paranoid) jika mendapati anaknya positif terpapar Covid-19.

Sebab menurut pria berponi ini, sikap ‘Parno’ membuat orangtua cenderung panik dan bingung untuk mencari solusi.

Padahal, lanjut Kak Seto orangtua tetap bisa menjadi penyemangat anak untuk sembuh meski dari jarak yang agak jauh.

“Orangtua tetap ceria dan harus memberikan kegembiraan pada anak agar imunitas anak meningkat. Berilah games-games yang menyenangkan dengan hadiah berupa pelukan sayang meskidari kejauhan,” papar Kak Seto dalam wawancara webinar di Jakarta, Sabtu, (10/7/2021).

Psikolog berkacamata ini menambahkan bahwa satu anak saja meninggal terkena virus Covid-19, harusnya kita tidak “rela”.

“Kita harus meningkatkan kesadaran masyarakat, apa yang sudah dicanangkan 5M harusya menjadi keseriusan tersendiri. Karna korban anak-anak, berarti kita kehilangan generasi unggul bangsa,” tambah Kak Seto.

Menjelang peringatan Hari Anak Nasional dengan tema “Anak Terlindungi Indonesia Maju” ini, Kak Seto sahabat ‘Si Komo’ meminta seluruh pihak terkait untuk betul-betul berkomitmen agar anak mendapatkan perlindungan yang optimal. Sebab jika PPKM bisa melakukan disiplin terhadap masyarakat secara ketat, diharapkan juga anak mendapatkan pemantauan yang serius.

Sementara itu, Ketua DPD RI, A A LaNyalla Mahmud Mattalitti, melalui unggahan video Youtube LaNyalla official berdurasi 37 detik menyampaikan, kasus Covid-19 pada anak harus menjadi perhatian Satgas Covid-19, pemerintah pusat dan daerah. Termasuk orang tua jangan sampai lalai memperhatikan kesehatan anak-anaknya.

“Saya meminta agar orang tua, pemerintah, satgas Covid-19 dan masyarakat benar-benar memperhatikan serta mewaspadai hal tersebut,” pinta LaNyalla saat memberikan keterangan di Jawa TImur melalui sambungan selular, Jumat (9/7/2021). Her

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments