Selasa, September 21, 2021
BerandaKesehatanMenkes Berencana Vaksinasi Dosis Ketiga Bagi Nakes

Menkes Berencana Vaksinasi Dosis Ketiga Bagi Nakes

Jakarta, Faktapers.id — Vaksinasi dosis ketiga bagi tenaga kesehatan (nakes) rencananya akan dimulai minggu ini.

Demikian dikatakan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Selasa (13/7/2021)
dalam rapat bersama Komisi IX DPR RI.

“Kita sudah keluarkan policy, rencananya mulai minggu ini kita akan berikan suntikan ketiga booster, tapi ini hanya untuk para nakes,” tambah Budi.

Menkes menjelaskan vaksin hanya diberikan kepada tenaga kesehatan karena masih banyak masyarakat yang belum mendapat dosis vaksin pertama.

“Vaksinasi dosis ketiga tenaga kesehatan akan menggunakan vaksin Moderna dan diharapkan bisa memproteksi diri dari paparan covid-19. Keputusan ini,l diambil karena pihaknya mendapati banyak tenaga kesehatan terpapar covid-19, sehingga tidak bisa dikerahkan untuk menangani pasien,” paparnya.

Menurut Budi dengan kondisi saat ini kebutuhan perawat mencapai 16-20 ribu orang di 7 provinsi, meliputi Bali, Banten, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Kebutuhan ini dikatakannya bisa dipenuhi dengan mempekerjakan 19 ribu perawat dan 3.900 dokter yang belum lulus uji kompetensi

Ia juga mengatakan sudah mengomunikasikan hal ini kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Sebelumnya Ikatan Dokter Indonesia (IDI) meminta pemerintah segera memberikan vaksin dosis ketiga kepada tenaga kesehatan, karena masih banyak yang gugur karena covid-19 meskipun sudah divaksin.

Dan diketahui belakangan kasus covid-19 melonjak yang diduga karena banyaknya penularan mutasi corona. Sementara kapasitas rumah sakit pun mulai menipis yang diikuti dengan peningkatan kebutuhan tenaga kesehatan. */Uaa

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments