Selasa, September 21, 2021
BerandaDaerahPetani Sawit Masi Belum Terima Dilakukan Replanting

Petani Sawit Masi Belum Terima Dilakukan Replanting

Melawi, Faktapers – Petani di Desa Beloyang,Guhung,Belonat, Kecamatan Belimbing Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat, Sa’at ini Belum berminat melakukan peremajaan kebun kelapa sawit dengan menebang dan mengganti dengan bibit sawit baru yang berkualitas program Kementerian Pertanian.

Sejumlah petani kelapa sawit yang ditemuiOleh para awak media di Beloyang, Kabupaten Melawi mengaku tak berminat melakukan peremajaan kebun sawit, karena jika tanaman sawit mereka ditebang dan diganti dengan bibit yang baru, mesti menunggu 3 sampai 5 tahun untuk panen lagi.

“Ada tawaran Pihak Koperasi Baliyotro untuk peremajaan kebun kelapa sawit, tapi kami belum mau, kalau ditebang dan diganti bibit yang baru selama 5 tahun tidak dapat apa-apa,” ujar , salah satu petani kelapa sawit Desa Beloyang pada kamis (15/07/21).

Tambah Seorang yang enggan Untuk Disebutkan Namanya Dia mengatakan Sa’at diwawancarai wartawan bahwa Hasil Panen yang Bisa kami Peroleh Untuk Bulan Juni 2021 ini Saja masih bisa kami terima 6 JT an Hingga 16 JT an / Kapling” Dan kami menganggap Sawit Tersebut Belum Sa’atnya untuk dilakukan Replanting/peremajaan terlebih jika kita melihat Dengan Dampak Sosial Ekonomi pada Musim Pandemi Sa’at ini, Sedang Pemerintah saja Sedang Berupaya melakukan untuk meningkatkan Tarap hidup Ekonomi Masyarakat,Sehingga Jika Replenting /peremajaan Di undurkan 3-4 tahun Kedepan kami bisa dapat penghasilan tidak harus menunggu 3 sampai 5 Tahun lagi baru bisa panen,” ungkap Genius Rusli mantan Ketua Koperasi Baliyotro Tahun 1998.

Rusli, petani sawit lainnya, menyatakan masih mempertimbangkan untuk melakukan peremajaan tanaman sawit, karena tanaman sawit miliknya sudah menghasilkan untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

“Kalau tanaman sawit yang sudah ada ditebang dan diganti dengan bibit baru, perlu waktu lama lagi bisa panen dan untuk memenuhi kebutuhan keluarga dari mana;? ” papar nya.

Warga Kelompok Tani di RT 20 Desa Beloyang Mengatakan, Sangat belum setuju kalau saat ini diadakan replanting, karena melihat hasil yang diterima selama sebulan ini, sangatlah masih senang menerima uang yang sebesar ini, setiap bulannya.

” Jadi kalau direplanting pada saat ini sementara kebutuhan kami masih besar untuk makan untuk biaya sekolah anak membayar hutang di bank, CU dan lain lainnya.

Hasil Panen Petani / HA perkebunan kelapa sawit rakyat dan plasma di Desa Beloyang, Kabupaten Kabupaten Melawi pada Bulan Juni 2021 masih Bertahan mencapai sekitar 6 JT ab hingga 11 JT an / Kapling .Skn Abd.

 

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments