Selasa, September 21, 2021
BerandaHeadlineSerbuan Vaksin Maritim TNI AL Serbu 3 Pulau, Kepulauan Seribu

Serbuan Vaksin Maritim TNI AL Serbu 3 Pulau, Kepulauan Seribu

Jakarta, faktapers.id – TNI AL terus mendukung program pemerintah dalam upaya percepatan penanggulangan dan pencegahan penyebaran Covid-19, Kepala Staf Angkatan Laut memerintahkan jajaran TNI AL terus menggelar kegiatan Serbuan Vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat maritim.

Kali ini serbuan vaksin maritim yang dilaksanakan Komando Lintas Laut Militer menyasar ke tiga pulau di Kepulauan Seribu yaitu Pulau Pramuka, Pulau Panggang dan Pulau Kelapa dengan menurunkan 3 (tiga) KRI.

Warga di tiga pulau tersebut akan diserbu dengan vaksin, mereka diajak untuk naik ke KRI Teluk Youtefa 522 dengan menggunakan Landing Craft Personel Vehicle (LCPV) dan Rigid Inflatable Boat (RIB) KRI Youtefa 522 di dukung sekoci komandan, sekoci karet KRI Teluk Manado 537 dan KRI Teluk Hading 538, yang lego jangkar diperairan Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta, Jumat (23/7).

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Arsyad Abdullah meninjau langsung serbuan vaksin maritim dengan on board di KRI Teluk Youtefa 522.

Dan serbuan vaksin maritim di Kepulauan Seribu ini menargetkan 1000 orang selama dua hari dimulai Jumat dan Sabtu tanggal 23 dan 24 Juli 2021.

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Arsyad Abdullah mengatakan sasaran vaksinasi secara kuantitatif bagi masyarakat pesisir yang masuk dalam wilayah binaan TNI AL meliputi Kawasan pelabuhan yang ada diwilayah Jakarta Utara dan Masyarakat pesisir yang masuk dalam wilayah binaan potensi maritim TNI AL.

Sedangkan sasaran kualitatif yaitu terciptanya kekebalan tubuh (Herd Immunity) terhadap Covid-19, bagi masyarakat.

“TNI AL mendukung program percepatan vaksin untuk masyarakat pesisir dan pulau terpencil yang sulit dijangkau. Hari ini TNI AL melaksanakan serbuan vaksin untuk warga Kepulauan Seribu” ujar Panglima Kolinlamil kepada awak media.

Lebih lanjut dijelaskan orang nomor satu Kolinlamil ini warga Kepulauan Seribu yang melaksanakan vaksinasi adalah mereka yang memiliki aktivitas rata-rata bermata pencaharian nelayan yang tentunya berada diluar dan memiliki kerawanan yang tinggi dalam penularan virus covid 19.

Untuk itu mereka harus terus disosialisasikan untuk pendisiplinan masyarakat 5M (menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, mengurangi mobilitas dan menjauhi kerumunan).

Dalam kegiatan vaksin yang dilaksanakan di tank deck KRI Teluk Youtefa 522 ini, TNI AL menyiagakan 30 vaksinator dari Dinas Kesehatan Kolinlamil, Dinas Kesehatan Mabes TNI AL dan dibantu dari para mahasiswa Politeknik Kesehatan Hang Tuah Jakarta karena ini sangat penting untuk melaksanakan vaksinasi yang tersertifikasi.

Dan TNI AL juga telah menyiapkan vaksinator untuk melaksanakan tugasnya sampai target program pemerintah tercapai.

“Vaksinator ini akan terus kita gerakan untuk melaksanakan percepatan vaksinasi yang diprogramkan oleh pemerintah, ini diprogramkan dalam kebijakan pemerintah bahwa ini sangat membantu untuk mendukung percepatan vaksinasi secara nasional,” tandas Panglima Kolinlamil Laksda TNI Arsyad Abdullah.

Serbuan vaksin maritim TNI AL ini untuk mencapai 1 juta orang per hari yang tervaksin sesuai program pemerintah.

Sehingga percepatan ini akan diharapkan tahun ini sudah selesai pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat Indonesia yang menjadi sasaran vaksinasi.

Dan ini penting untuk terciptanya konsep komunal imunitas atau herd immunity, dimana minimal 70 persen dari masyarakat Indonesia sudah tervaksin Covid-19.

“Ini suatu upaya dan langkah penyelesaian untuk penanganan pandemi ini. Diharapkan dengan vaksinasi ini pandemi segera berakhir,” jelasnya. Han

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments