Headline

Kolinlamil Terima Penghargaan Dari PMI Provinsi DKI Jakarta

×

Kolinlamil Terima Penghargaan Dari PMI Provinsi DKI Jakarta

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) menerima penghargaan dari Palang Merah Indonesia (PMI) provinsi DKI Jakarta atas terselenggaranya donor darah reguler dan konvalesen di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (12/8).

Panglima Kolinlamil Laksma TNI Erwin S Aldedharma menerima langsung piagam penghargaan tersebut dari Ketua PMI provinsi DKI Jakarta H. Rustam Efendi.

Kolinlamil berhasil melaksanakan donor darah reguler dan konvalesen dengan menyumbangkan 179 kantung darah yang terbagi 108 untuk donor darah reguler dan 71 untuk donor darah konvalesen.

Para prajurit yang menyumbangkan darah dan plasma konvalesennya berasal dari Kolinlamil, Mabes TNI AL dan Puspomal.
Kegiatan bakti sosial donor darah ini ini juga sekaligus dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76.

Dan dalam kegiatan tersebut, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono bersama Ketua umum Palang Merah Indonesia Pusat H.M. Jusuf Kalla dan didampingi Panglima Kolinlamil Laksma TNI Erwin S Aldedharma melakukan peninjauan.

Panglima Kolinlamil Laksma TNI Erwin S Aldedharma mengatakan kegiatan donor darah ini dilakukan untuk membantu pemerintah dalam rangka percepatan penanganan COVID-19.

“Kita membantu PMI dengan mengerahkan personel yang sudah pernah terpapar COVID-19 untuk bersedia menjadi donor plasma konvalesen guna pemenuhan kebutuhan plasma konvalesen dan stok darah reguler di PMI” ujarnya.

Panglima Kolinlamil juga menambahkan pihaknya telah menyiapkan dua kapal perang KRI Teluk Manado 537 dan KRI Teluk Parigi untuk mendukung serbuan bantuan oksigen TNI AL bersama dengan KRI dr. Suharso 990 dan KRI Semarang 594 yang telah lebih dahulu mengirimkan bantuan oksigen ke berbagai daerah yang membutuhkan.

Dan juga membuka dapur lapangan untuk mendukung logistik para penyintas covid yang isolasi mandiri. Dan banyak kegiatan sosial lainnya yang dilaksanakan TNI AL untuk percepatan penanganan COVID-19.

Persyaratan utama pendonor Plasma Konvalesen (PK) harus melalui pelaksanaan screening dan Informed Consent seleksi donor melalui Anamnesis.

Setelah itu, setiap peserta akan melalui pemeriksaan fisik, pemeriksaan Lab darah lengkap, konfirmasi golongan darah dan screening antibodi infeksi menular lewat transfusi darah (baik HIV, Hepatitis B, Hepatitis C maupun sifilis).

Donor Plasma Konvalesen (PK) termasuk metode imunisasi pasif yang dilakukan dengan memberikan plasma orang yang telah sembuh dari Covid-19, kepada pasien Covid-19 yang sedang dirawat. Tindakan ini bertujuan sebagai sebagai terapi tambahan bagi pasien Covid-19 yang berjuang untuk sembuh. Han

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *