Headline

Malam Ulang Janji, Bupati Adnan Harap Pramuka Terus Amalkan Tri Satya dan Dasa Dharma

×

Malam Ulang Janji, Bupati Adnan Harap Pramuka Terus Amalkan Tri Satya dan Dasa Dharma

Sebarkan artikel ini

Gowa, Faktapers.id –—Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan bertindak langsung sebagai Pembina Upacara Renungan dan Ulang Janji dalam rangka Hari Pramuka Ke-60 Tahun 2021 di Halaman Rumah Jabatan Bupati Gowa, Jumat (13/8) malam.

Bupati Adnan yang juga Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Gowa mengatakan bahwa Upacara Ulang Janji ini merupakan kegiatan rutin Kwarcab Gowa di malam Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka.

“Ulang janji ini adalah bentuk renungan mengenang perjuangan kita di Gerakan Pramuka sekaligus memperbaharui kembali ingatan dan tekad kita dalam mengamalkan Tri Satya yang merupakan janji seorang pramuka dan Dasa Dharma adalah kebulatan moralitas Pramuka dalam menjalankan amanah sebagai pembina generasi muda,” ujar Adnan.

Selain itu, pada kesempatan ini, dirinya juga mengajak seluruh Pramuka Kabupaten Gowa untuk terus membulatkan tekad mengorbankan semangat untuk meneruskan perjuangan dan pengabdian demi tercapainya tujuan bangsa yakni masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila.

“Sehingga melalui Pramuka inilah pembentukan karakter yang sesungguhnya yang dibutuhkan oleh daerah kita, yang dibutuhkan oleh negeri ini sehingga mampu membawa daerah dan bangsa ini yang lebih baik di masa yang akan datang,” tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Gowa, Syahrir Rajab juga mengatakan Upacara Ulang Janji ini merupakan kegiatan rutin dilakukan setiap tahun. Menurutnya Upacara Ulang Janji ini dilaksanakan serentak di semua jenjang Pramuka.

“Kegiatan ini semacam budaya di Pramuka di seluruh jenjang mulai tingkat nasional, daerah dan kabupaten/kota di malam hari ulang tahun Parmuka. Dan seluruh Kwartir Ranting juga melakukan hal yang sama,” ujarnya.

Syahrir Rajab menjelaskan pada upacara ini dilakukan prosesi menyalakan sebanyak 10 obor sesuai dengan jumlah Dasadarma. 10 obor ini melambangkan 10 dasa dharma yang merupakan kebulatan moralitas Pramuka dalam membina diri dan membina generasi bangsa.

“Sehingga harapan kita kedepannya Gerakan Pramuka akan semakin banyak memberikan andil bagi bangsa dan negara terutama bagi pendidikan karakter bagi anak didik, anak muda bangsa Indonesia,” harapnya.

Kagiatan ini turut dihadiri Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni yang juga sekaligus Wakil Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kabupaten Gowa bersama sejumlah pengurus Kwarcab dan Dewan Kerja Cabang (DKC) Gerakan Pramuka Kabupaten Gowa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *