Jumat, September 17, 2021
BerandaDKI JakartaTingkatkan Kesiapan Prajurit Unsur KRI Kolinlamil Uji Gladi Tugas Tempur

Tingkatkan Kesiapan Prajurit Unsur KRI Kolinlamil Uji Gladi Tugas Tempur

Jakarta, faktapers.id – Guna meningkatkan kesiapsiagaan unsur-unsur kapal perangnya, Komando Lintas Laut Militer mengadakan uji kesiapan dalam gladi tugas tempur KRI Teluk Hading 538 di perairan Teluk Jakarta, Rabu (25/8). Di bawah terik matahari yang menyengat, para prajurit KRI Teluk Hading 538 jajaran Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) 1 Jakarta tetap bersemangat melakukan uji Gladi Tugas Tempur kapal tingkat II/L-II (Glagaspur II).

Pada Glagaspur II ini, penilaian ini dilaksanakan oleh tim uji Kolat Koarmada I. Uji Glagaspur diikuti oleh seluruh prajurit KRI Teluk Hading 538.

Latihan yang mengambil lokasi mulai dari Perairan Teluk Jakarta hingga Kepulauan Seribu ini, mendatangkan Tim Penguji dari Komando Latihan (Kolat) Armada I Jakarta. Materi latihan yang diujikan antara lain peran tempur bahaya udara, peran tempur bahaya permukaan, peran kebakaran, peran orang jatuh dilaut. Selain itu uji material dan kesiapan perangkat lunak juga menjadi bagian dari pengujian untuk mengetahui sejauh mana para prajurit mengawaki dihadapkan pada tugas-tugas operasi sesuai fungsi asasi.

Uji gladi tugas tempur (Glagaspur) II dilaksanakan sehari dibawah komando langsung Pelaksana Tugas Komandan KRI Teluk Hading 538 Mayor Laut (P) Tedi Febrian Abadi. Uji dilaksanakan setelah sebelumnya dinyatakan lulus uji glagaspur tingkat I oleh tim penilai dari Kolat Armada I.

”Uji glagaspur tingkat II dimaksudkan untuk menguji kesiapan material dan kecakapan prajurit KRI Teluk Hading 538 secara nyata dengan melaksanakan pelayaran, ” ujar Komandan disela kegiatan.

Sedangkan Panglima Kolinlamil, Laksma TNI Erwin S Aldedharma menekankan agar jajaran KRI Kolinlamil harus terus meningkatkan kemampuan profesionalitas sebagai prajurit KRI dengan melaksanakan uji trampil atau gladi tugas tempur. Katanya, para prajurit harus menunjukan kemampuan dan ketrampilan hasil pembinaan selama ini.

“Latihan ini juga digelar untuk meningkatkan profesionalisme prajurit sebagaimana yang tertuang dalam Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., untuk membangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional, serta tangguh menghadapi segala ancaman,” ujar Panglima Kolinlamil. Han

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments