Headline

Unsur KRI Kolinlamil TNI AL Dukung Angkutan Bantuan Alkes Penanggulanhan Covid 19 Dari Singapura

×

Unsur KRI Kolinlamil TNI AL Dukung Angkutan Bantuan Alkes Penanggulanhan Covid 19 Dari Singapura

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Unsur kapal perang Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) KRI Teluk Bintuni 520 mendukung angkutan laut militer pengiriman bantuan dari Temasek Foundation kepada Indonesia dalam rangka membantu penanganan COVID-19 di Indonesia.

Komandan KRI Teluk Bintuni 520, Letkol Laut (P) Andrik Irwanto menyatakan, bantuan alat kesehatan untuk penanganan COVID-19 di Indonesia itu dibawa dari Changi Naval Base Singapura sebanyak 798 ton alkes.

“Dari Changi Naval Base Singapura kami embarkasi bantuan tersebut pada hari Jumat (13/8) dan dijadwalkan tiba di dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Senin (16/8)” kata Letkol Laut (P) Andrik Irwanto.

“Rencananya KRI Teluk Bintuni 520 sandar di Dermaga JICT II Jakarta untuk menurunkan bantuan yang diperuntukan bagi Bantuan berupa peralatan medis tersebut terdiri dari ventilator, oxygen concentrator, masker, dan obat-obatan dengan berat total 798 ton” tambahnya.
Sabtu ini, kapal perang jenis angkut tank tersebut tengah lintas laut menuju Jakarta membawa bantuan yang akan diserahkan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Sementara itu Panglima Kolinlamil Laksma TNI Erwin S Aldedharma mengatakan tugas pokok Kolinlamil berdasarkan Perpres no 66 tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI, Kolinlamil selain melaksanakan pergeseran pasukan dan logistik dalam rangka Operasi Militer Perang (OMP) juga mendukung bantuan angkutan laut dalam rangka Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

“Kolinlamil selalu siap mendukung operasi angkutan laut militer sesuai perintah pimpinan TNI/TNI AL, dan disituasi pandemi covid 19 ini siap mendukung pengiriman bantuan alat kesehatan dan obat-obatan” ujar mantan Kepala Staf Koarmada I.

“Dan unsur-unsur Kolinlamil lainnya pun siap untuk mendukung apabila dibutuhkan dalam operasi bantuan kemanusiaan lainnya,” tandasnya. Han

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *