Senin, Oktober 18, 2021
BerandaDKI JakartaDikuatirkan Gelombang Ketiga Covid-19, Rumah Sakit Diharapkan Bersiap

Dikuatirkan Gelombang Ketiga Covid-19, Rumah Sakit Diharapkan Bersiap

Jakarta | Faktapers.id  – Tenaga medis memindahkan pasien ke dalam Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Chasbullah Abdulmadjid, Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis (24/6/2021). Tenda darurat tersebut dibangun lantaran kapasitas tampung pasien di rumah sakit penuh dan untuk menampung lonjakan pasien Covid-19.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 dan para epidemiolog pun mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada agar tak terjadi situasi ketika terjadi puncak gelombang dua Covid-19 pada Juli 2021.

Fasilitas layanan kesehatan pun bersiap menghadapi kemungkinan gelombang ketiga Covid-19.

Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) melakukan koordinasi dengan seluruh rumah sakit di Indonesia.

Sekretaris Jenderal Persi, DR dr Lia Partakusuma, SpPK, mengatakan, upaya persiapan perlu dilakukan karena rumah sakit di negara tetangga Indonesia mengalami kenaikan angka masuknya pasien ke RS.

“Karena di negara tetangga angka masuk rumah sakit meningkat,” ujar Lia saat dihubungi Kompas.com, Senin (27/9/2021).

Lia menyebutkan, negara tetangga yang mengalami kenaikan angka pasien Covid-19 di rumah sakit yakni Singapura, Malaysia, Filipina, Brunei, dan Australia.

“Yang harus berjaga terutama daerah-darah perbatasan dan ibu kota provinsi,” lanjut dia.

Langkah antisipasi hadapi gelombang ketiga

Lia menjelaskan, ada sejumlah langkah-langkah antisipasi dan persiapan dalam menghadapi seluruh risiko ketika terjadi gelombang ketiga.

Selain itu, mengikuti program pemeriksaan Whole Genome Sequencing sesuai aturan yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan.

Jika ditemukan kecurigaan yang berdampak buruk, agar melaporkan kepada yang berwenang serta melakukan tindakan pencegahan penyebaran strain baru. []

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments