Sabtu, September 18, 2021
BerandaHeadlineEvaluasi Latihan Kolinlamil Uji Kompetensi Perwira Korps Pelaut

Evaluasi Latihan Kolinlamil Uji Kompetensi Perwira Korps Pelaut

Jakarta, faktapers.id – Satya Wira Jala Dharma. Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) menggelar uji kompetensi perwira Korps Pelaut dilingkungan Kolinlamil yang dilaksanakan di Mako Satlinlamil 2 Surabaya, Rabu (15/9).

Kegiatan kali ini dilaksanakan kepada seluruh perwira Korps Pelaut jajaran Satlinlamil 2 Surabaya ini dimaksudkan untuk mendapatkan standar data kemampuan Perwira Korps Pelaut sesuai strata kepangkatan.

Kegiatan yang digelar dalam rangkaian evaluasi latihan semester satu tahun 2021 ini sekaligus merupakan pembinaan bagi perwira korps pelaut.

Delapan perwira korps pelaut jajaran Satlinlamil 2 Surabaya yang mengikuti uji kompetensi ini. Dan materi tes yang diujikan meliputi sesuai strata pangkat, seperti untuk Letda dan Lettu dengan materi keperwirajagaan, takal dasar, navigasi dasar, PPTL, OGT, manuver taktis dan prosedur komunikasi taktis.

Sedangkan strata Kapten materinya seperti PPTL, OGT, manuver taktis, dan Prosedur komunikasi taktis.
Sementara strata Mayor terkait tugas pokok jabatan dan perkembangan organisasi, peperangan, kampanye militer, Operasi gabungan TNI, Sistem penyelenggaraan latihan TNI dan operasi pendaratan administrasi.

“Tujuan uji kompetensi ini untuk meningkatkan profesionalisme perwira korps pelaut Kolinlamil dalam melaksanakan tugas profesi kepelautannya untuk mendukung tugas Kolinlamil” ujar Asisten Operasi Panglima Kolinlamil Kolonel Laut (P) Nanan Isnandar.

Dengan uji Kompetensi juga akan diperoleh data kemampuan perwira korps pelaut yang selanjutnya akan dijadikan sebagai bahan dalam pembinaan karir dan penempatan jabatan bagi perwira korps pelaut.

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Erwin S Aldedharma menjelaskan sebagai kotama operasional dan pembinaan, Kolinlamil harus melaksanakan pembinaan personel secara terus-menerus dan berkesinambungan. Pola pembinaan berupa peningkatan profesionalisme dan peningkatan kesejahteraan prajurit.

Parameter keberhasilan pola pembinaan yang telah dilaksanakan dapat terlihat melalui uji kompetensi dan implementasi pelaksanaan tugas dilapangan.

Dan kinerja Kolinlamil tentunya ditentukan oleh personel pengawak organisasi Kolinlamil. oleh karena itu perlunya uji kompetensi secara berkala khususnya pada strata perwira.

“Dengan uji kompetensi ini juga dapat diperoleh bahan dalam membina karir dan penempatan jabatan bagi para perwira korps pelaut di Kolinlamil sehingga akan terwujud profesionalisme perwira TNI AL,” Tandas Panglima Kolinlamil.

Selain itu pula, pelaksanaan uji kompetensi ini sebagai penyiapan perwira korps pelaut Kolinlamil untuk menjadi kader-kader calon pemimpin TNI AL yang siap bersaing secara sehat dan mampu mengemban tugas serta tanggung jawab sesuai dengan profesinya dimasa mendatang. Han

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments