Minggu, September 19, 2021
BerandaDaerahGenap 44 Tahun, PDAM Tirta Merapi Klaten Raih Berbagai Penghargaan

Genap 44 Tahun, PDAM Tirta Merapi Klaten Raih Berbagai Penghargaan

Klaten, faktapers.id – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Merapi Kabupaten Klaten memperingati hari ulang tahun (HUT) yang ke-44 tahun. Peringatan HUT PDAM kali ini dilaksanakan secara sederhana karena masih dalam suasana pandemi Covid-19. Serangkaian acara atau kegiatan mewarnai peringatan HUT PDAM Tirta Merapi Kabupaten Klaten tahun ini, antara lain berupa aksi sosial donor darah oleh seluruh karyawan PDAM Tirta Merapi.

Selain itu, Manajemen PDAM Tirta Merapi juga melaksanakan droping air bersih ke 16 desa di empat wilayah kecamatan yang pada musim kemarau ini mengalami kekurangan air bersih. Selanjutnya PDAM Tirta Merapi Kabupaten Klaten memberikan bantuan berupa alat pelindung diri (APD) kepada lima Pos Aju yang ada di kabupaten Klaten senilai Rp. 103.075.000. Kemudian kepada PMI Kabupaten Klaten juga diberikan bantuan APD berupa hazmat senilai Rp. 6.625.000.

Manajemen PDAM Tirta Merapi kemudian memberikan bantuan sosial berupa 100 paket sembako senilai Rp15.000 kepada kaum difabel dan anak yatim dampak Covid-19 di kabupaten Klaten serta bantuan sosial berupa paket sembako untuk 150 relawan di desa desa yang menjadi wilayah sumber mata air dari PDAM Tirta Merapi yaitu desa Jagalan kecamatan Karangnongko, desa Malangjiwan kecamatan Kebonarum dan desa Ngrundul kecamatan Kebonarum senilai Rp. 22.500.000.

PDAM Tirta Merapi Kabupaten Klaten juga memiliki kepedulian terhadap Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) yang ada di kabupaten Klaten dengan memberikan bantuan dana sebesar Rp 10.000.000 yang dibagikan kepada lima LKSA yaitu LKSA Amanah di kecamatan Kalikotes, LKSA Lentera Kasih, LKSA Panca Bhakti Mulia, LKSA PA Putri Aisyiah dan LKSA Muhammadyah Putra Jatinom. Adapun puncak acara peringatan HUT PDAM Tirta Merapi Kabupaten Klaten dilaksanakan dengan pemotongan tumpeng oleh bupati Klaten, Sri Mulyani di Pendopo Kantor Pemkab Klaten, Kamis (9/9/2021) siang.

Selama masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Klaten, PDAM Tirta Merapi Kabupaten Klaten juga mengambil kebijakan strategis antara lain, memberikan keringanan tagihan kepada pelanggan PDAM Tirta Merapi Kabupaten Klaten, melaksanakan pembagian cairan disinfektan di beberapa kecamatan, membagikan paket sembako sebanyak 400 paket di desa Malangjiwan dan Ngrundul senilai Rp 50.000.000, memberikan paket sembako kepada warga masyarakat terdampak Covid-19 yang diserahkan melalui Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Klaten senilai Rp 40.000.000, bersama dengan PMI Kabupaten Klaten dan relawan melaksanakan penyemprotan disinfektan dan melaksanakan protokol kesehatan baik dalam pelayanan ataupun untuk pegawai.

Pada tahun 2020, PDAM Tirta Merapi Kabupaten Klaten mendapatkan penghargaan sebagai pemenang dalam TOP BUMD Award dan pada tahun 2021 ini, kembali PDAM Tirta Merapi Kabupaten Klaten mendapatkan penghargaan sebagai pemenang TOP BUMD Award dengan kategori Bintang 4 dan TOP CEO BUMD 2021. Bupati Klaten sebagai pembina dari BUMD PDAM Tirta Merapi Kabupaten Klaten juga menerima penghargaan sebagai TOP Pembina BUMD 2021.

Pada tahun 2020, saat moment peringatan hari jadi PDAM Tirta Merapi Kabupaten Klaten yang ke-43, Bupati Klaten melaunching produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dengan merk “Tirta Merapi” yang merupakan produk unggulan dari PDAM Tirta Merapi Kabupaten Klaten. AMDK Tirta Merapi, sejak dilaunching pada September tahun 2020 sampai bulan Juli tahun 2021 telah terjual lebih dari 8.711 karton. Dan produk AMDK Tirta Merapi sudah tersedia di gerai gerai toko modern yang tersebar di seluruh wilayah kabupaten Klaten. Dengan sudah ada kerjasama antara manajemen PDAM Tirta Merapi Kabupaten Klaten dengan para pengelola jaringan toko modern sehingga diharapkan akan meningkatkan penjualan AMDK Tirta Merapi.

Dari sisi manajemen, kinerja direksi PDAM Tirta Merapi Kabupaten Klaten oleh BPK mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Sementara dari BPKP Perwakilan Yogyakarta kinerja perusahaan dinilai baik, dan dari BPPSPAM dinilai sehat. Sampai saat ini PDAM Tirta Merapi telah memiliki sambungan instalasi air di rumah pelanggan sejumlah 47.890 sambungan. Diharapkan ke depan, PDAM Tirta Merapi Kabupaten Klaten dapat memberikan sumbangsih yang berarti kepada pembangunan di kabupaten Klaten dan juga ikut memiliki andil dalam menopang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Klaten. Madi

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments