Kamis, Oktober 21, 2021
BerandaDaerahKabupaten Gowa Masuk Penilaian Lapangan Kabupaten Sehat 2021, Dinyatakan Lolos Berkas Administrasi

Kabupaten Gowa Masuk Penilaian Lapangan Kabupaten Sehat 2021, Dinyatakan Lolos Berkas Administrasi

Gowa, Faktapers.id  – Setelah dinyatakan lolos berkas sebagai salah satu daerah yang mengikuti penghargaan kabupaten dan kota sehat. Kabupaten Gowa kini memasuki tahapan penilaian verifikasi lapangan.

Penilaian tersebut pun dilakukan tim verifikasi dari pemerintah pusat untuk melakukan verifikasi lapangan Kabupaten/Kota Sehat Tingkat Nasional Tahun 2021.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Gowa, Taufiq Mursad mengatakan, bahwa verifikasi ini dilakukan pada 24 September 2021 lalu. Dimana setelah sebelumnya Kabupaten Gowa dinyatakan lolos berkas dalam penilaian Kabupaten/Kota Sehat Tingkat Nasional 2021.

Lanjut Taufiq, verifikasi lapangan ini dilakukan untuk menilai sejauh mana pelaporan yang dilakukan didalam dokumen administrasi itu bisa dibuktikan atau sesuai dengan yang ada di lapangan.

“Untuk saat ini verifikator pusat dan dari Kemenkes serta didampingi oleh Dinkes Sulsel untuk melakukan verifikasi penilaian kabupaten sehat dan Kabupaten Gowa sebagai salah satu yang mengajukan untuk penghargaan swasti saba dalam rangka penilaian Kabupaten Sehat,” kata Taufiq saat menerima Tim Verifikasi Nasional Kabupaten Sehat Tahun 2021 di Kabupaten Gowa, Jum’at (24/9).

Taufiq menyebutkan dalam verifikasi ini ada tujuh tahapan yang menjadi penilaian, yaitu Pemukiman Sarana dan Prasarana Sehat, Kehidupan Masyarakat Sehat Yang Mandiri, Kawasan Pariwisata Sehat, Ketahanan Pangan dan Gizi, Kawasan Tertib Lalu Lintas dan Pelayanan Transportasi, Kehidupan Sosial Yang Sehat, dan Industri dan Perkantoran Sehat.

“Verifikasi ini akan dilakukan selama dua hari ke kecamatan dan ke sekretariat forum melihat sejauh mana upaya-upaya yang dilakukan pemerintah Kabupaten Gowa untuk menuju Kabupaten Sehat,” ujarnya.

Sementara sebelumnya, Asisten Deputi Bidang Agama, Kesehatan, Pemuda dan Olahraga Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, Teguh Supriadi menuturkan, Gowa merupakan daerah masuk dalam nominasi Kabupaten/Kota Sehat Tingkat Nasional Tahun 2021.

Menurut Teguh, ini tentu menjadi berita baik juga menjadi sebuah prestasi dan capaian yang perlu diapresiasi. Karena dari 155 kabupaten / kota yang mengusulkan, Kabupaten Gowa lolos berkas administrasi.

“Gowa merupakan kabupaten metropolitan dimana sebagai kabupaten penyangga Kota Makassar mampu menjadi kabupaten/kota yang sehat dengan masyarakat yang metropolitan cukup susah. Saya pikir capaian ini menjadi sebuah prestasi yang patut diapresiasi, dan bahkan perlu ditingkatkan,” ujar Teguh.

Teguh menyebutkan pada verifikasi lapangan ini, pihaknya memantau sejumlah tatanan yang dilihat langsung di lapangan, seperti bagaimana pengelolaan transportasi, dan juga forum kecamatan di lapangan.

“Melihat atau verifikasi apa saja tatanan yang diimplementasikan di lapangan sejauh ini. Secara dokumen sudah masuk kedalam kajian untuk penilaian tahap selanjutnya,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, untuk di Sulawesi Selatan, selain Kabupaten Gowa, ada dua Kabupaten/Kota yang juga lolos tahap verifikasi lapangan Penilaian Kabupaten/Kota Sehat Tingkat Nasional Tahun 2021, yaitu Kabupaten Luwu dan Kota Palopo.

Turut mendampingi Tim Verivikasi Lapangan Penilaian Kabupaten Kota Sehat Tingkat Nasional Tahun 2021 yaitu dari Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa. */Kartia

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments