Senin, Oktober 18, 2021
BerandaDaerahLayanan Marine Service di Batam Terus Meningkat

Layanan Marine Service di Batam Terus Meningkat

Batam, faktapers.id – Meskipun ditengah pandemi covid -19 Layanan Marine Service Pelindo I Cabang Pelabuhan Batam terus mengalami peningkatan.

Menurut GM Pelabuhan Batam Capt Al Abrar MMar, jika dibandingkan dengan sebelum pandemi, dari 2019 ke 2020 terjadi kenaikan 10%. Dan dari januari sampai dengan agustus 2020 jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2021 mengalami kenaikan 14%.
Dikatakannya, di TUKS Pertamina Sambu sejak tahun 2021 sudah bekerjasama dengan Free Point sampai dengan agustus 2021.

Namum pelayanan pemanduan dan penundaan belum menunjukan peningkatan yang signifikan. Sementara untuk kegiatan di Perairan wajib pandu Nipah mengalami kenaikan sampai dengan 60% jika dibandingkan dengan periode yang sama dengan tahun sebelumnya.

Khusus untuk Nipah PT Pelindo I Cabang Batam sudah menjadi STS Provider dimana sebelumnya dilakukan oleh STS-STS Provider lainnya. Sejak februari 2021 sudah berhasil melaksanakan kegiatan STS untuk kapal-kapal VLCC (Very Large Crude Carrier/Malaccamax) yang dilakukan oleh SDM (Pandu, POAC/Mooring Master) terbaik yang dilengkapi dengan setifikat dan Peralatan dari Pelindo I Cabang Batam dengan sistem dan prosedur yang mengacu kepada Standar OCIMF (Oil Companies International Marine Forum).

Sampai dengan agustus 2021 jumlah kunjungan kapal yang melakukan kegiatan : STS, Waiting Order, Crew Change, dan lain-lain adalah 350 Call.

“Tentu saja dengan keberhasilan STS Provider Batam melaksanakan kegiatan dimaksud menambah kepercayaan Cargo Ship Owner (keagenan) untuk melaksanakan kegiatan di Nipah dan pada akhirnya meningkatkan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP),” kata Capt. Al Abrar M.Mar.

“Kedepannya masih banyak potensi Marine Bisnis yang bisa dikembangkan dan ditingkatkan kapal-kapal yang sedang melaksanakan kegiatan STS Nipah banyak juga meminta layanan-layanan lain diantaranya Supply Fresh Water, Bunkering, Tank Cleaning, Pengadaan Spare Part, Provision (Ship Chandler),” ungkapnya.

Selanjutnya kata dia, hal ini membuka peluang kepada para pelaku bisnis sebab posisi NTAA sangat dekat dengan TSS dan Alur Pelayaran yang mana berdekatan dengan negara jiran Singapura dan Malaysia, sehingga memiliki nilai jual dan kekuatan untuk Bisnis Marine didaerah tersebut. Apalagi kapal-kapal yang Passing melewati Selat Malaka dari Barat ke Timur ( Middle East Eropa ) dan tujuan Asia Timur melewati perairan dan wilayah Indonesia.

Layanan Marine Service

Sebagai informasi layanan Marine Service Pelindo I Cabang Batam kegiatannya lebih banyak dalam hal pemanduan, penundaan dan STS Provider (meliputi : POAC/Mooring Master,STS Equipment,Cargo Surveyor, dan lain-lain) Cabang Batam dalam pelayanannya di beberapa perairan wajib pandu.

Untuk di Batam bekerjasama dengan BP Batam, melakukan kegiatan pemanduan dan penundaan diperairan wajib pandu : Pelabuhan Umum Batu Ampar, TUKS Tanjung. Uncang, dan Pelum/TUKS Kabil serta Sekupang.

Sementara untuk kawasan pulau sambu, melakukan kegiatan di TUKS Pertamina Sambu, Pulau Bulan, dan perairan wajib pandu Nipah. Han

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments