Senin, Oktober 18, 2021
BerandaDKI JakartaMasuki Musim Hujan, Petugas Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakpud Penopingan Pohon...

Masuki Musim Hujan, Petugas Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakpud Penopingan Pohon Rawan Tumbang

Jakarta, Faktapees.id –Memasuki musim hujan yang sebentar lagi tiba, Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat melakukan pemeliharaan terhadap ribuan pohon rawan tumbang dengan melakukan penopingan atau pemangkasan.

Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat, Mila Ananda mengatakan, memasuki musim penghujan yang sebentar lagi tiba, pihaknya melakukan penopingan dan pemangkasan terhadap pohon rawan tumbang. Hal ini untuk memberi kenyamanan dan keamanan bagi warga masyarakat.

“Ada 2.696 pohon rawan tumbang yang dipangkas atau ditoping selama Januari sampai dengan Minggu ke 3 (tiga) bulan September 2021,” kata Mila saat dikonfirmasi, Selasa (21/9/2021).

Penanganan yang dilakukan sifatnya rutin pemeliharaan hasil dari monitoring pengawasan seksi Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakpus dan Satpel kecamatan, selain itu menindaklanjuti laporan dari masyarakat melalui surat dan Citizen Relation Management (CRM).

Pohon yang dipangkas yaitu pohon yang sudah rimbun, pohon yang telah menyentuh kabel utilitas serta pohon yang menutupi lampu penerang jalan umum (PJU).

Dari 2.696 pohon rawan tumbang, 815 pohon pangkas ringan, 1.397 pohon pangkas sedang, 413 pohon pangkas berat dan 71 pohon ditebang. Penebangan dilakukan pada pohon kering/mati/sakit, dan terkena dampak pembangunan fasum, ungkap Mila.

Sedangkan pohon yang tumbang atau sempal selama periode Januari sampai minggu ke tiga bulan September 2021 yakni ada 117 pohon dengan rincian pohon yang sempal 63 pohon dan yang tumbang/roboh 54 pohon.

“Setiap melakukan pemeliharaan terhadap pohon tumbang, kita siagakan satgas tingkat kota dan tingkat kecamatan, dibagi beberapa tim, serta dukungan sarana dan prasarana seperti gergaji mesin, dump truck, golok, dan sapu,” tandasnya.Tajuli

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments