Kamis, Oktober 21, 2021
BerandaDKI JakartaPererat Sinergitas, Panglima Kolinlamil Sambangi Divisi Infanteri 2 Kostrad

Pererat Sinergitas, Panglima Kolinlamil Sambangi Divisi Infanteri 2 Kostrad

Jakarta, faktapers id – Satya Wira Jala Dharma — Setelah pekan lalu, menyambangi markas Divisi Infanteri 3 Kostrad Makassar, Hari ini (29/9) Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksda TNI Erwin S Aldedharma mengunjungi Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Mayjen TNI Andi Muhammad di Mako Divisi Infanteri 2 Kostrad Malang, Jawa Timur, Rabu (29/9).

Saat tiba di Markas pasukan Divisi Infanteri 2 Kostrad, Panglima Kolinlamil yang didampingi Komandan Satlinlamil 2 Surabaya, Asisten Operasi (Asops), Asisten Perencanaan dan Anggaran serta Askomlek disambut hangat Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad beserta jajarannya. Dan kunjungan kerja ini merupakan bentuk silaturahmi Panglima Kolinlamil dengan Divisi Infanteri 2 Kostrad yang merupakan hubungan antar Komando Utama (Kotama) TNI.

Kolinlamil dan Kostrad memiliki hubungan dalam tugas operasi. Keduanya saling terkait dalam sebuah operasi militer. Kolinlamil memiliki tugas pokok mendukung pergeseran kekuatan militer baik pasukan maupun logistik melalui angkutan laut TNI AD yang meliputi personel, peralatan dan perbekalan, baik yang bersifat administratif maupun taktis strategis di seluruh perairan Indonesia. Batalyon-batalyon yang berada di bawah kendali Divisi Infanteri 2 Kostrad adalah salah satu yang mendapat dukungan angkutan laut militer dari Kolinlamil dalam melaksanakan tugas ke daerah-daerah operasi.

Laksda TNI Erwin S Aldedharma menjelaskan satuan pelaksana Komando Lintas Laut militer yang terbagi tiga wilayah yaitu Satlinlamil 1 Jakarta, Satlinlamil 2 Surabaya dan Satlinlamil 3 Makassar memiliki tugas pokok untuk menyiapkan unsur-unsur KRI dalam rangka mendukung tugas-tugas Kolinlamil dalam mengemban fungsi strategis yaitu sebagai pembina tunggal sistem angkutan laut militer dan pembina potensi angkutan laut nasional.

“Unsur-unsur KRI Kolinlamil yang terbagi dalam 3 wilayah satuan pelaksana, berfungsi untuk mendukung pasukan-pasukan TNI AD (Kostrad) dalam rangka pergeseran personel dan material logistik ke wilayah-wilayah operasi” terang Panglima Kolinlamil.

Menurut Laksamana berbintang dua ini, tugas-tugas yang dihadapi ke depan di antaranya mendukung pergeseran pasukan satgas pengamanan perbatasan, daerah-daerah rawan dan pulau-pulau terluar. Selain itu, mendukung angkutan peralatan strategis lainnya bagi divisi-divisi di bawah Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad) dalam pengamanan terbatas di berbagai wilayah Indonesia dan tugas-tugas lainnya.

“Kunjungan silaturahmi ini merupakan bentuk sinergitas untuk tugas-tugas Kolinlamil dalam mendukung jajaran Divisi Infanteri 2 Kostrad dalam memenuhi panggilan tugas di wilayah Indonesia,” ujar Panglima Kolinlamil. Han

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments