Jumat, September 17, 2021
BerandaDaerahPolda Bali Diwakili Kompol A.A. Wiranata Kusuma Berikan Sarana Kontak Untuk Pecalang...

Polda Bali Diwakili Kompol A.A. Wiranata Kusuma Berikan Sarana Kontak Untuk Pecalang Adat Buleleng

Singaraja.Bali.Faktapers.id –Dalam masa PPKM Level IV di Bali Direktorat Pembinaan Masyarakat (Ditbinmas) Polda Bali terus tingkatkan Sinergitas dan kepedulian kepada masyarakat Desa Adat dengan Bersilahturahmi dan memberikan Sarana Kontak bagi Warga Desa Adat.

Seperti di Kecamatan Buleleng/Bali, selain pecalang adat membantu dalam pencegahan virus covid-19, juga perlunya peningkatan Kamtibmas yang kondusif wilayah Hukum Polda Bali khususnya di wilayah Kabupaten Buleleng.

Sub Direktorat Pembinaan Ketertiban Sosial (Subdit Bintibsos) Ditbinmas Polda Bali menyambangi para Pecalang, Pemuda dan Masyarakat Desa Adat di wilayah Singaraja Kab.Buleleng, Jumat tanggal (09/09/2021) pukul 10.30 wita sampai dengan pukul 14.00 wita.

Kegiatan dimulai dengan menyambangi Pengurus Majelis Desa Adat (MDA) Buleleng dan Pecalang Desa Adat Banyuasri, Desa Adat Kaliuntu bertempat di Kantor Majelis Desa Adat (MDA), Desa Banyuasri kecamatan Singaraja Kabupaten Buleleng.

Kepala Seksi Pembinaan Pengaturan Masyarakat Sub Direktorat Pembinaan Ketertiban Sosial (Kasi Binturmas Subditbintibsos) Ditbinmas Polda Bali Kompol A.A. Wiranata Kusuma, S.H., M.M., mewakili Direktur Binmas Polda Bali, beserta Staff Subditbintibsos Ditbinmas, yang dihadiri pula mantan Waka Polsek Kota yang kini digeser ke Polres Buleleng sebagai Kepala Satuan Binmas Polres Buleleng AKP. I Ketut Suparta, S.H. M.M., KBO Sat Binmas Res Buleleng Ipda Ni Putu Arwati beserta Staff Sat Binmas dan Bhabinkamtibmas Res Buleleng, para Pecalang di Desa Adat Banyuasri, dan Desa adat Kaliuntu serta muda mudi Keluarga Besar Putra Putri (KBPP) Polri Desa Kampung Baru dan Muda Mudi Club Volly Desa Penarukan Kecamatan Singaraja Kab. Buleleng.

Subdit Bintibsos selain juga melakukan sambang dan Bimbingan Penyuluhan (Binluh) sekaligus memberikan sarana Kontak berupa ,1 paket (saput dan udeng) untuk Pengurus Majelis Desa Adat Kab. Buleleng,1 paket (saput dan udeng) untuk Pecalang Desa Banyuasri,1 paket (Rompi dan Senter) untuk Pecalang Desa Adat Kaliuntu.

Kasi Binturmas Ditbinmas Polda Bali Kompol. A.A. Wiranata Kusuma, S.H., M.M mengatakan pada intinya untuk membuka kegiatan Binluh.

“Saya mewakili Direktur Binmas Polda Bali kebetulan saat ini Beliau sedang menerima Tim dari DPR RI Komisi III yang sedang mengadakan kunjungan kerja ke Bali terkait Peran Pemerintah Daerah dan aparat keamanan di dalam Penanganan Pandemi Covid 19 di Bali. Sehingga kami yang ditunjuk oleh Pak Direktur Binmas untuk hadir pada saat ini,” terangnya.a

“Kami menghaturkan Matur sukseme kepada semua pihak yg hadir saat ini baik itu dari Kasat Binmas Res Buleleng, KBO Binmas dan anggota Sat Binmas yang hadir serta semua Warga masyarakat adat, Pecalang dan Muda Mudi yang telah setia bersabar menunggu kami dari Polda Bali ke wilayah Kab. Buleleng”, imbuhmya

Kepada awak media Kompol Agung Wiranata lebih jelas mengungkapkan, sangat mengapresiasi kegiatan masyarakat adat di Bali terutama di Kab. Buleleng dimana di masa Pandemi ini cukup baik, cukup teratur sangat terlihat sekali peran Desa Adat dan Pecalang di dalam membantu Polri menertibkan kegiatan upacara adat di Kab. Buleleng, masyarakat nya bisa diatur

“Pernah saya mengecek langsung di desa Banyuasri sangat tertib sekali, yang perlu saya tekankan disini kami bukan melarang masyarakat adat melaksakan kegiatan upacara adat, tetapi dibatasi dan diatur jumlahnya sehingga tidak terjadi kerumunan yang dapat menyebabkan terjadi cluster baru penyebaran Covid 19, peran Pecalang sebagai garda terdepan percepatan penanganan Pandemi Covid 19 di Bali.l” jelasmya.

adalah membantu aparat keamanan mengingatkan masyarakat desa adat untuk mengurangi jumlah peserta yang hadir pada saat melaksanakan kegiatan upacara adat, serta tetap secara ketat dan disiplin menerapkan Prokes 5 M seperti memakai Masker pada saat beraktivitas di luar rumah, Mencuci tangan, Menjaga jarak/ Social Distancing, Menghindari kerumunan, dan Mengurangi Mobilitas apalagi Bali masih diterapkan PPKM Level IV oleh Presiden RI melalui Menko Marvest Pak Luhut Binsar Panjaitan.

Sehingga sebagai bentuk apresiasi kami kepada Pecalang, Warga Masyarakat Adat dan Muda Mudi yang telah bersinergi dengan aparat keamanan di dalam menekan jumlah Penyebaran Pandemi Covid19 di Kab. Buleleng maka kami akan memberikan tali kasih

“Kami mengharapkan agar jangan melihat jumlahnya yang kami serahkan tapi lihatlah bentuk perhatian pimpinan kami di Polda kepada semua lapisan masyarakat adat dan muda mudi”, icapnya.

Ditambahkan Pamen Dit Binmas Polda Bali yang berasal dari Kabupaten Buleleng ini ketika menyambangi Muda Mudi yang tergabung dalam Organisasi Keluarga Besar Putra Putri (KBPP) Polri Desa Kampung Baru Asrama Polisi dan Club Volly Putra Samosir Desa Adat Penarukan Kecamatan Singaraja Kab. Buleleng.

“Kami dari Polda Bali mengharapkan agar adek adek jangan pernah bersinggungan dengan tindak pidana karena kalianlah yang akan menggantikan kami kedepan, termasuk harus pandai berorganisasi karena ini akan membuka akses adek adek kedepan. Karena otomatis kita akan punya keluarga besar dimana mana, tetap jaga kekompakan dan selalu bersinergi dengan semua pihak di dalam membantu aparat keamanan menekan penyebaran Pandemi Covid19 di Bali khusus di Kabupaten Buleleng,” katanya.

“Harapan dsaya juga agar adek adek tetap rajin berolahraga agar bisa selalu menjaga imun tubuh selama masa Pandemi Covid berlangsung,” tutupnya. Des

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments