Headline

Program Awal Antisipasi Banjir Sudin Bina Marga Jakpus

×

Program Awal Antisipasi Banjir Sudin Bina Marga Jakpus

Sebarkan artikel ini

Jakarta, Faktapers.id – Suku Dinas (Sudin) Bina Marga Kota Administrasi Jakarta Pusat mempersiapkan berbagai program penanganan untuk mengantisipasi musim banjir.

Kepala Seksi Jalan dan Jembatan Sudin Bina Marga Kota Administrasi Jakarta Pusat Yudha Catur Suhartanto menjelaskan, ada beberapa kegiatan yang dilakukan Sudin Bina Marga untuk mengantisipasi banjir.

Menurutnya, sebelum masuk musim penghujan, Sudin Bina Marga selalu melakukan pengecekan rutin untuk pompa, panel, kondisi gril, kolam olakan, hingga genset yang ada di underpass rumah pompa.

Yudha menjelaskan, pengecekan gril dan kolam olakan ini dilakukan untuk menjaga menjaga udara yang masuk ke dalam kolam olakan. Jangan sampai gril tersebut tersumbat.

“Sudah sejak awal tahun lalu kami meminta petugas setiap hari mengecek kondisi gril jangan sampai mampet. Karena jika mampet, akan mempengaruhi jumlah udara yang masuk ke dalam saluran. Kolam olakan juga dicek ada sampah atau tidak, kalau ada sampah kita langsung minta dibersihkan,” terangnya saat dikonfirmasi, Selasa (21/9/2021).

Terkait pengecekan pompa underpass, kepemimpinan, setiap hari pompa dicek dengan menggunakan pompa secara bergantian. Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah semua pompa dapat beroperasi. Selain itu, meminta juga meminta petugas untuk memanaskan genset yang ada di rumah pompa.

“Genset ini kita panaskan untuk mengantisipasi listrik padam. Sehingga saat ada pemadaman genset kita siap, bisa langsung bekerja di menjalankan pompa,” jelasnya.

Sementara itu, untuk pengerukan underpass, kepemimpinan, sudah dilakukan pada awal Maret lalu di underpass angkasa. Jelang musim penghujan ini menghadapi juga tengah mempersiapkan pengerukan lumpur underpass di wilayah yang mulai tebal lumpurnya.

“Tiap tahun kita punya program pengurasan lumpur, jadi nanti petugas yang akan melakukan pengecekan. Kalau sudah tebal lumpurnya akan mereka laporan, pasukan kuning yang akan melakukan pengurasan,” tandasnya.Tajuli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *