Jumat, September 17, 2021
BerandaHeadlineSupervisi Dalam Genggaman

Supervisi Dalam Genggaman

Oleh : Elyas
SMK Negeri 1 Yogyakarta (Skaoneta)
Berkualitas, berkarakter, berakhlak dan berbudaya

Pembelajaran daring akibat pandemi yang berkepanjangan membutuhkan inovasi dalam segala hal termasuk di dalam mensupervisi guru-guru ketika dia mengajar secara daring. Salah satu inovasi yang dikembangkan di SMK Negeri 1 Yogyakarta adalah mengoptimalkan account belajar.id pemberian dari Kemendikbud ristek pada semua guru dan tenaga kependidikan serta semua siswa.

Caranya adalah memanfaatkan Google classroom dipadukan dengan Google site. Masing-masing guru telah memiliki google classroom. Tinggal google classroom yang telah dimiliki oleh masing-masing guru dikolaborasikan dengan admin. Jadilah kerja sama yang manis antara semua guru dengan admin sekolah yang khusus untuk memantau
pelaksanaan kegiatan belajar mengajar secara daring.

Admin diberi akses untuk bisa masuk ke kelas room masing-masing guru sehingga bisa mengetahui apa yang terjadi di kelas tersebut secara terus menerus tanpa ada batas waktu dan tempat. Nah di sini akan terlihat betul mana guru yang kreatif dan mana guru yang perlu mendapat pembinaan lebih lanjut dalam hal penyampaian materi pembelajaran dan juga evaluasi pembelajaran.

Informasi dari admin ini bisa dijadikan tim manajemen sekolah untuk mengambil langkah-langkah perbaikan pembelajaran pada semua guru. Kata kuncinya adalah guru bisa diajak kolaboratif satu dengan yang lain dalam rangka untuk perbaikan pembelajaran daring secara optimal.

Alhamdulillahirobbilalamin berkat model seperti ini maka setiap guru selalu berupaya untuk meningkatkan inovasi dalam pembelajarannya agar lebih menarik dan modern. Model ini semua pemanfaatan serba gratis dari account belajar.id.

Kabar baiknya pengambil kebijakan yang lebih tinggi pun bisa melihat secara real time kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan oleh guru secara daring. Mereka bisa masuk ke mata pelajaran yang diampu oleh guru secara langsung tentu atas ijin admin sehingga memiliki hak akses.

Semua itu bisa kita lakukan cukup menggunakan smartphone kita masing-masing. Jadi… supervisi pun bisa dilakukan cukup klik..klik…di smartphone kita. Mudah kan??

Salam menemu baling menulis dengan mulut dan membaca dengan telinga.

Indahnya berbagi tulisan tanpa batas Hidup terasa lebih bermakna.

(uaa)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments