Sabtu, September 25, 2021
BerandaJawaTiga Pilar Gelar Serbuan Vaksinasi di Desa Kecemen Manisrenggo

Tiga Pilar Gelar Serbuan Vaksinasi di Desa Kecemen Manisrenggo

Klaten, faktapers.id – Pemerintah Kabupaten Klaten Provinsi Jawa Tengah bersama TNI (Kopassus Group 2) dan Polri menggelar pelayanan vaksinasi COVID-19 massal di Kecamatan Manisrenggo tepatnya di Desa Kecemen pada 2-3 September 2021.

“Pelaksanaan vaksinasi yang diselenggarakan oleh tiga pilar ini dilakukan dalam satu hari dengan melibatkan puluhan tenaga medis,” kata Bupati sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Klaten, Sri Mulyani, Kamis (2/9/2021).

Menurut dia, pemerintah sudah menyiapkan kuota 3.000 dosis vaksin COVID-19 untuk pelayanan vaksinasi massal gratis yang akan diselenggarakan selama 2 hari yaitu pada hari ini Kamis dan Jumat besok pagi.

Sri mengatakan bahwa pelayanan vaksinasi massal ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat yang belum mendapatkan vaksin. Untuk saat ini, kata dia, masyarakat Klaten yang di vaksin baru sekitar 21 persen dari target sebanyak 1.665 orang.

Sasaran pelayanan vaksinasi massal, imbuh dia, meliputi warga berusia lanjut usia (Lansia) serta masyarakat dengan komorbit yang rentan dan warga umum. Dikatakan, warga yang hendak menjalani vaksinasi bisa mendatangi tempat pelayanan vaksinasi massal dengan membawa kartu tanda penduduk (KTP).

Program vaksinasi merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mengendalikan penularan COVID-19. Pemerintah berupaya mempercepat penyelesaian pelaksanaan vaksinasi COVID-19 agar kekebalan komunal terhadap penyakit tersebut bisa segera terwujud.

Kapolres Klaten, AKBP Eko Prasetyo mengungkapkan pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan dalam rangka mempercepat tercapainya herd immunity ini untuk menekan angka penyebaran COVID-19 diwilayah Kabupaten Klaten.

“Kedepannya saat mendapat kiriman vaksin yang lebih banyak, kegiatan vaksinasi akan kembali dilakukan untuk masyarakat umum maupun pelajar diatas usia 12 tahun pada tingkat kelurahan dan kecamatan,” ungkap dia.

Sementar itu, Kepala Desa Kecemen, Manisrenggo Klaten, Sri Rambati sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh tiga pilar yaitu Pemda Klaten, Kopassus (TNI) dan Polres Klaten. Pihaknya mengimbau masyarakat bisa memanfaatkan kesempatan yang baik ini.

“Kami sangat senang dan bangga sekali karena Pemda Klaten telah menunjuk desa Kecemen, saya akui pelayanannya sangat baik dan memuaskan. Melihat petugas yang profesional dan warga juga sangat antusias,” tandas dia.

Ia mengatakan untuk target kuota 3 ribu terbagi dua sesi yaitu hari ini Kamis 1500 dosis dan Jumat 1500 dosis vaksin jadi total 3000 vaksin. Rata-rata per desa di Kecamatan Manisrenggo mengirimkan antara 180-210 orang.

“Melihat antusias warga untuk kuota yang ditargetkan akan terpenuhi dengan alasan selain gratis, desa Kecemen juga strategis berada ditengah dari arah desa manapun dan tempatnya cukup luas serta sangat memadai,” kata Kades.

Menurut dia, wilayah Manisrenggo baru kali ini diadakan vaksin massal, kalau yang sudah vaksin biasanya lewat pihak lain. Warga Kecemen mengirimkan 210 orang hingga saat ini sudah tercover sekitar 25-30 persen.

Ia berharap program vaksin massal ini terlaksana tertib dan lancar. Selain masyarakat senang karena dekat dan tidak ribet, juga program ini tidak dipungut biaya alias gratis. Meski sudah divaksin masyarakat diminta tetap menerapkan Prokes 5 M. Madi

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments