Jumat, September 24, 2021
BerandaDKI JakartaTingkatkan Pelayanan, PT PELNI Cabang Tanjung Priok Hadirkan Layanan Antigen dan PCR

Tingkatkan Pelayanan, PT PELNI Cabang Tanjung Priok Hadirkan Layanan Antigen dan PCR

Jakarta, faktapers.id – PT Pelni terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada penumpang. Setelah sebelumnya per 1 September melakukan penjualan tiket Pelni telah terintegrasi dengan PeduliLindungi.

Kali ini Pelni Cabang Tanjung Priok mulai hari ini, Kamis 9/9- 2O21 telah menyediakan pelayanan Antigen dan PCR yang dilaksanakan di Terminal Nusantara Pelabuhan Tanjung Priok, bekerja sama dengan Laboratorium Klinik & Kesehatan Kerja Cakra Medika serta telah mendapat dukungan dari stake holder yang ada serta Kantor Kesehatan di Pelabuhan Tanjung Priok. Hal ini dilakukan untuk mendukung program pemerintah untuk mengurangi penyebaran Covid -19.

Adanya SE Kementerian Perhubungan Nomor 59 Tahun 2021 serta SE Satgas Penanganan Covid – 19 Nomor 17 Tahun 2021. Dalam aturan tersebut, calon penumpang wajib menyertakan surat keterangan hasil negatif PCR test dengan masa pengambilan sampel dalam kurun waktu 2 x 24 jam atau negatif rapid test anti gen yang pengambilan sampelnya dilakukan dalam kurun waktu maksimal 1×24 jam sebelum keberangkatan.

Dengan kehadiran layanan Antigen dan PCR dengan tetap Prokes, yang terintegrasi dengan Peduli Lindungi, Barcode dan terafiliasi dengan NAR Kemenkes, maka penumpang kapal Pelni yg belum membutuhkan layanan tersebut sudah dapat memperolehnya di pelabuhan Tanjung Priok.

Adapun aplikasi PeduliLindungi adalah merupakan aplikasi milik Kemenkes untuk membantu pemerintah dalam melakukan tracing dan tracking untuk menghentikan penyebaran covid-19. Melalui aplikasi ini data lokasi bepergian masyarakat akan tersimpan secara digital serta sebagai basis data penerima vaksin.

Direktur Usaha Layanan Penumpang PT Pelni OM Sodikin mengatakan kepada Fakta Pers sehubungan dengan adanya layanan ini di Terminal Pelabuhan hal ini dimaksudkan untuk memudahkan calon penumpang dan masyarakat yang membutuhkan.

“ PT Pelni senantiasa akan komit melakukan pelayanan kepada penumpang dengan Prokes disesuaikan dengan aturan daerah di pelabuhan tujuan penumpang,” katanya.

“ Kami menyediakan layanan Antigen dan PCR bagi Penumpang kapal Pelni. Dan hari Kamis, 9/9 layanan ini di uji coba. Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan Antigen dan PCR juga dapat melakukannya disini,” kata Indria Kepala Cabang PT Pelni Tanjung Priok.

Dikatakannya, pelayanan Antigen dan PCR ini telah mendapat dukungan dari stake holders yang ada Di pelabuhan Tanjung Priok dan kantor Kesehatan Pelabuhan Tanjung Priok.

“Untuk mensosialisasikan memberikan informasi, akan dibuat spanduk dan banner agar pengguna jasa dan masyarakat yang ingin mendapat pelayanan mengetahui kehadiran layanan ini,” ungkapnya.

.Diharapkan dengan kehadiran layanan ini masyarakat khususnya pengguna jasa Pelni yang belum memiliki sertifikat hasil Antigen maupun PCR dapat melakukannya di Priok. Kemudian, kata dia layanan ini juga sekaligus menjadi pesan kepada masyarakat agar tidak menggunakan sertifikat Antigen dan PCR palsu. “ Kami telah menyiapkan layanan itu, silahkan masyarakat menggunakannya,” kata Indria.

“Layanan ini telah terintegrasi dengan Aplikasi PeduliLindungi, Barcode dan teraffiliasi dengan NAR Kemenkes. Sementara itu biaya Antigen adalah sebesar Rp 99.000 dan PCR sebesar Rp 495.000. Layanan ini memang fokus untuk melayani penumpang tetapi juga terbuka untuk masyarakat umum uang membutuhkan pelayanan dengan tetap menerapkan Prokes,” tutup Indria. Han

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments