Senin, Oktober 18, 2021
BerandaDKI JakartaUjian Teori di Satpas SIM Polda Metro Jaya Menggunakan E-AVIS

Ujian Teori di Satpas SIM Polda Metro Jaya Menggunakan E-AVIS

Jakarta, faktapers id – Ujian Teori SIM di seluruh satpas jajaran saat ini telah dilaksanakan secara elektronik dengan aplikasi AVIS yang dibangun beberapa tahun lalu.

Sistem AVIS ini memiliki topologi jaringan lokal dimana peladen (server) berada pada jaringan lokal yang sama dengan komputer pengguna dan hanya terintegrasi dengan aplikasi KA-SIM di Satpas, sehingga pada kondisi Pandemi saat ini memunculkan tantangan tersendiri bagi pelaksanaan Ujian Teori di ruang kelas.

E-AVIS (Electronic Audio Visual Integrated System) merupakan suatu Transformasi Digital dari Korlantas Polri melalui pengembangan sistem pelayanan Regident, yang dapat membantu masyarakat dalam proses pembuatan SIM dan Ujian Teori SIM secara Online.

Sistem yang dinamai E-AVIS, sebuah sistem terintegrasi yang memungkinkan pengelolaan materi Ujian Teori SIM dilakukan secara realtime dan terpusat. Dengan demikian maka materi Ujian Teori SIM akan menjadi seragam di semua kanal Ujian Teori.

Selain itu E-AVIS merupakan jawaban bagi tantangan dalam pelaksanaan Ujian Teori SIM dimasa Pandemi saat ini. E-AVIS merupakan fitur aplikasi pengembangan dari aplikasi SINAR (SIM Nasional Presisi) yang digunakan untuk melaksanakan ujian teori SIM secara online.

Konsep dasar E-AVIS merupakan Sistem online yang realtime, materi ujian dapat diperbaharui setiap saat, tersedia dalam platform mobile dan web app, terintegrasi dengan SINAR dan KA-SIM, menggunakan teknologi Face Recognition dan menggunakan teknologi animasi terkini.

Materi soal yang diberikan sebanyak 30 soal sesuai dengan jenis golongan SIM dengan waktu ujian selama 15 menit. Bagi peserta uji SIM yang gagal pada saat ujian teori SIM menggunakan E-AVIS diberikan kesempatan untuk mengulang ujian sebanyak 2x selama kurun waktu 14 hari.

Ditlantas Polda Metro Jaya telah melaksanakan uji coba pelaksanaan E-AVIS di Satpas Polda Metro Jaya dengan peserta uji SIM sebanyak 12 orang pada Rabu, 8 September 2021, dan hasilnya berjalan lancar. Pelaksanaan ujian teori SIM menggunakan E-AVIS diterapkan pada Satpas Polda Metro Jaya dan sampai dengan hari Sabtu, 18 September, Peserta uji SIM yang melaksanakan ujian teori SIM menggunakan aplikasi E-AVIS sebanyak 110 orang peserta. kornel

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments