Kamis, Oktober 21, 2021
BerandaDaerahCarut Marut Data Vaksin di Klaten Selatan, Pemdes Kajoran Lakukan Data Ulang...

Carut Marut Data Vaksin di Klaten Selatan, Pemdes Kajoran Lakukan Data Ulang Kerahkan RT/RW

Klaten, faktapers.id  – Pemerintah Desa Kajoran, Kecamatan Klaten Selatan, Klaten kembali melakukan pendataan warga yang belum divaksin Covid-19. Pengurus RT/RW dikerahkan untuk menyisir dan mendata warga di wilayah tempat tinggalnya yang belum mendapatkan suntikan vaksin Corona.

“Hal itu dilakukan karena data dari Polsek dan Kecamatan Klaten Selatan bahwa desa Kajoran data warga yang tervaksin kurang atau ditemukan ada selisih,” kata Pj Kades Kajoran, Sholikatun, disela-sela kegiatan vaksin massal.

Menurut dia, data hasil dari penyisiran RT/RW tersebut direncanakan akan menjawab kekeliruan dari Polsek dan Kecamatan. Selain RT/RW pihaknya juga bekerjasama dengan babinsa serta babhinkamtibmas terus bergerak mencari data yang valid.

“Sebenarnya masyarakat desa Kajoran sudah sangat antusias untuk mengikuti vaksin, hal tersebut terbukti ketika pemerintah desa menggelar sebanyak 4 kali vaksin massal dan semua memenuhi target,” kata dia, Sabtu (2/10/2021).

Hal senada juga diungkapkan Kepala Desa Karanglo, Kosmas Widodo, pihaknya menyebut jumlah sasaran vaksis sekitar 3.000, akan tetapi target yang diharapkan sebanyak 2.450. Namun demikian, tidak semua warga menerima vaksin dengan kendala diantaranya ada diperantauan, komorbid dan ketakutan.

Kosmas menilai capaian vaksinasi untuk warga desa Karanglo baru mencapai sekitar 75 persen dari total vaksinasi atau sekitar 65 persen dari total penduduk yang memenuhi syarat vaksinasi atau berusia lebih dari 12 tahun.

“Tetapi, saat kami melakukan koordinasi dengan wilayah, banyak pengurus RT/RW yang mengatakan hampir semua warga sudah divaksin. Selain itu, saya sudah menyiapkan data yang akurat apabila diminta akan kita tunjukkan,” katanya.

Oleh karenanya, ia berharap, warga desa Karanglo tersebut sudah mengikuti program vaksinasi yang juga banyak digelar, seperti dari TNI, kepolisian atau dari instansi lain.

“Atau, bisa saja warga dengan KTP desa Karanglo tersebut tidak berdomisili di desa Karanglo, sehingga mereka sudah mengakses dan telah melakukan vaksinasi di daerah lain,” ungkap dia.

Camat Klaten Selatan, Supardiyono mengharapkan percepatan vaksinasi di Kecamatan Klaten Selatan dilakukan dengan harapan 70-75 persen warga sudah divaksin pada September 2021 atau menyelesaikan vaksinasi bagi seluruh warga pada Oktober.

Pihaknya juga berharap, percepatan vaksinasi bisa menjadi bagian dari penanganan Covid-19 di Kota Klaten Bersinar yang akhir-akhir ini terus menunjukkan kecenderungan penurunan. Madi

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments