Headline

Foty Hadirkan Inovasi Keyboard-Mouse untuk Membantu Tunadaksa Tetap Produktif dan Kompetitif di Era Digital

491
×

Foty Hadirkan Inovasi Keyboard-Mouse untuk Membantu Tunadaksa Tetap Produktif dan Kompetitif di Era Digital

Sebarkan artikel ini
fotyy

Faktapers.id – Didirikan sejak Januari 2020 di Yogyakarta, Foty adalah startup teknologi pengembang keyboard dan mouse komputer yang disuguhkan khusus untuk orang berkebutuhan khusus (tunadaksa). Pengguna dapat mengakses perangkat tersebut dengan sangat nyaman menggunakan kaki mereka, karena didesain secara ergonomis menyesuaikan pola kaki. Selain itu bentuknya yang ringkas dan disambungkan ke komputer melalui wireless juga memudahkan untuk dibawa ke mana-mana.

Keberadaan perangkat ini dinilai penting, seperti saat ini masyarakat dituntut untuk tetap kompetitif di era digital. Komputer menjadi bagian penting dalam produktivitas – baik menunjang kepentingan profesional pribadi maupun bisnis. Sementara standar perangkat komputer yang ada saat ini cukup menyulitkan bagi orang-orang yang tidak bisa mengoperasikan dengan tangannya karena keterbatasan tadi. Bayangkan jika harus mengetik dengan kaki namun menggunakan laptop. Pun dengan keyboard biasa, jarak tombol yang rapat cukup menyulitkan.

Detail produk Foty

Sejauh ini, perangkat keyboard dan mouse yang dapat dioperasikan dengan kaki bisa dibilang belum ada produk komersialnya. Kondisi tersebut membuat posisi Foty unik dan berpotensi menghadirkan gebrakan di pasar. Terlebih data Susenas pada 2018, ada 14,2 persen penduduk Indonesia yang menyandang disabilitas atau 30,38 juta jiwa.

Produk keyboard dan mouse Foty memiliki desain kekinian. Spesifikasinya terdiri dari beberapa komponen. Mulai dari tali jinjing yang memudahkan untuk dibawa dan diposisikan. Kemudian perangkat keyboard QWERTY juga didesain menjadi dua bagian menyesuaikan dengan jarak kaki kanan dan kiri. Selain itu juga dilengkapi dengan bantal pijakan tumit kaki untuk membuat penggunanya nyaman ketika mengetik. Ketika tidak digunakan, perangkat dapat dilipat dan ditempel, karena di sisi belakang terdapat magnetic lock.

foty

Jarak tombol yang ada juga telah disesuaikan dengan posisi paling nyaman untuk memencet tombol dengan jempol kaki. Posisinya pun disesuaikan lekukan kaki. Pun untuk membuat bentuknya compact, beberapa tombol dibuat multi-fungsi. Sementara untuk konektivitas ke komputer, menggunakan wireless dengan transponder USB yang dapat dipasang ke laptop atau komputer.

Didukung ABP Incubator

Startup Foty dinahkodai oleh Sabilal Rosyad selaku CEO, dibantu oleh dua rekannya Farid dan Riyan. Ide awal pengembangan produk ini hadir ketika mereka bertemu di kampus Universitas AMIKOM. Farid, yang saat itu menjadi dosen kewirausahaan menugaskan dan membantu Sabil untuk membuat inovasi, lalu lahirlah Foty. Karena produk tersebut dinilai berpotensi di pasar, maka pengembangannya pun diseriusi. Hingga ini Foty telah berhasil mendapatkan sejumlah penghargaan dan ajang kompetisi. Termasuk menjadi salah satu startup binaan program PPBT Kemenristek DIKTI.

Untuk membantu para founder melakukan eskalasi bisnis, Foty juga tergabung dengan program ABP Incubator. Di dalamnya Sabil dan rekan dibimbing berbagai ilmu kewirausahaan, termasuk terkait pengembangan produk, bisnis, ekspansi, hingga komersialisasi. Program ABP juga memungkinkan mereka untuk memperluas jaringan, termasuk untuk menemukan rekanan strategis maupun ke jaringan investor. Foty juga telah bekerja sama dengan beberapa lembaga disabilitas; serta perusahaan yang sedang menggencarkan CSR dan fokus pada pemberdayaan masyarakat tunadaksa.

Tentang Foty

Foty adalah sebuah produk keyboard dan mouse yang didesain untuk tunadaksa. Perangkat tersebut dapat dihubungkan ke komputer dengan wireless dan dioperasikan untuk mengetik dengan kaki. Desainnya ergonomis, memberikan pengalaman mengesankan bagi penggunanya. Informasi lebih lanjut kunjungi situs resminya: https://keyboardfoty.id.   (uaa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *