Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaDKI JakartaKerja Bakti Bersama Warga, Lurah Karet Kuningan Jaksel Ikut Membersihkan Area Makam

Kerja Bakti Bersama Warga, Lurah Karet Kuningan Jaksel Ikut Membersihkan Area Makam

Jakarta, faktapers.id – Meski baru sebulan menjabat Lurah Karet Kuningan, Istambul Afrikana,S.Sos.,M.M, mau turun langsung dan ikut kerja bakti bersama warga RT. 14, RW 04, Kelurahan Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan membersihkan area makam diatas tanah Wakaf Masjid Roudhotul Falah, Guru H. Ismail.

Makam tanah wakaf ini berada persis ditengah-tengah pemukiman padat penduduk warga Pedurenan Masjid IV, Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Istambul Afrikana mengatakan, ide kerja bakti bersih-bersih makam ini berasal dari adik-adik Karang Taruna RW 04, Kelurahan Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan yang pada bulan lalu memperingati hari jadi ke-61. Selain itu, giat kerja bakti tersebut juga dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan lingkungan.

“Kalau kerja bakti seperti biasanya pasti banyak sekali melibatkan warga. Untuk menghindari kerumunan, kami berdiskusi bersama ketua RT, RW, FKDM, LMK dan beberapa pemuda Karang Taruna dan sepakat untuk kerja bakti di area makam saja. Saya rasa ini cukup dikerjakan dengan beberapa pengurus dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19,” tutur Istambul Afrikana, di lokasi, Sabtu, (2/10/2021).

Memasuki musim penghujan, Istambul Afrikana juga mengingatkan warganya untuk peduli dan membersihkan lingkungan masing-masing. Terutama pada selokan dan saluran air yang berada didekat rumahnya agar saat hujan datang tidak ada sumbatan dan tidak terjadi genangan air.

Di lokasi yang sama, Ketua Rukun Warga (RW) 04, Kelurahan Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, Wardjoko, SH mengatakan bahwa kegiatan kerja bakti dimakam sebenarnya sudah dilakukan secara rutin. Namun sejak awal pandemi Covid-19 makam wakaf ini belum sempat dibersihkan lagi karena untuk menghindari kerumunan dan mencegah penularan virus corona.

Setelah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 dan Kelurahan Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan berada di zona hijau covid-19 maka Warjoko pun memberikan ijin dan ikut bekerja mendukung program Karang Taruna di wilayahnya untuk menggelar kerja bakti.

“Kegiatan pembersihan makam ini rutin. Namun sejak awal pandemi Covid-19 makam wakaf ini belum sempat dibersihkan lagi karena untuk menghindari kerumunan dan mencegah penularan virus corona,” tutur Wardjoko.

Senada dengan ketua RW, ketua Rukun Tetangga (RT) 14, M. Ali mengatakan, kerja bakti atau gotong-royong warga dan karang taruna di wilayahnya merupakan agenda rutin agar lingkungan sekitar pemakaman menjadi lebih terawat. Tak hanya itu kegiatan gotong royong dan kegiatan bersama seperti kegiatan keagamaan juga dilakukan. “Kami sebagai ketua RT dan RW berharap semoga saja dengan adanya kegiatan kerja bakti ini silaturahmi antar-warga lebih kompak lagi dalam bergotong-royong,” tandas M. Ali.

Dalam giat kerja bakti itu, Ketua Karang Taruna unit 04, Kelurahan Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, M. Sukron Hamdi S. Hi mengucapkan terima kasih atas apresiasi dan kedatangan bapak Lurah Karet Kuningan, Istambul Afrikana yang mau turun langsung dan ikut kerja bakti bersama warga RW 04.

Sukron mengatakan, kedepannya, unit Karang Taruna yang dipimpinnya itu akan menjadi lebih semangat lagi untuk melakukan program kegiatan sosial masyararakat mengingat Lurah Istambul Afrikana merupakan mantan kader karang taruna.

“Alhamdulillah, Lurah Istambul Afrikana merupakan mantan kader karang taruna. Sehingga kami lebih semangat lagi untuk melakukan kerjasama dengan pihak kelurahan Karet Kuningan untuk menjalankan program kegiatan sosial masyararakat. sehingga pemuda dan karang taruna di RW 04 lebih kreatif dan produktif dalam berkarya,” pungkas Sukron Hamdi, alumnus kampus Attahiriyah, Jakarta ini.

Kegiatan kerja bakti tersebut, diikuti oleh sejumlah warga RT 14, RW 04, Lurah Kelurahan Karet Kuningan Bapak Istambul Afrikana,S.Sos.,M.M, Kasi Ekbang, Ahmad Ziyad, Ketua RW 04, Wardjoko, SH, Unsur LMK, FKDM, Karang Taruna, PPSU, dan perangkat Kelurahan Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan. Her

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments